Lifestyle

25 Maret dalam Sejarah: Situs Wiki Pertama di Dunia, WikiWikiWeb, Diluncurkan

Share the knowledge

 

Ward Cunningham (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=XqxwwuUdsp4)

Ward Cunningham (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=XqxwwuUdsp4)

Pada tanggal ini tahun 1995, seorang programmer komputer berkebangsaan Amerika, Ward Cunningham, meluncurkan situs wiki pertama di dunia, WikiWikiWeb, yang merupakan bagian dari Portland Pattern Repository. Situs web itu kemudian juga dikenal sebagai “WardsWiki”.

Wiki adalah istilah untuk situs web yang dapat diedit pengguna. WikiWikiWeb diciptakan dari aplikasi berbasis Perl yang digunakan untuk menjalankannya, yang juga dikembangkan oleh Cunningham (69).

Dikutip dari laman bag.web.id, perangkat lunak wiki pertama ini (kemudian dinamai “WikiBase”), adalah istilah umum asli untuk situs web wiki; dan istilah asli untuk perangkat lunak wiki.

Postcomended   17 September dalam Sejarah: Dalang Sejumlah Insiden Bom Bunuh Diri Tewas

Perangkat lunak dan situs web ini dikembangkan pada 1994 oleh Cunningham dengan Kent Beck dari Tektronix dan Apple Computer, untuk membuat pertukaran ide antar programer menjadi lebih mudah.

Ide Cunningham dan Beck ini menjadi populer di kalangan programer karena membantu mereka bertukar ide pemrograman dalam format yang mudah dimengerti. Konsep ini didasarkan pada ide-ide yang dikembangkan di tumpukan HyperCard yang dibangun Cunningham pada akhir 1980-an.

Pada 25 Maret 1995, dia menginstal perangkat lunak di situs web perusahaan (Cunningham & Cunningham), c2.com. Cunningham menamakan WikiWikiWeb karena dia ingat seorang pegawai di Bandara Internasional Honolulu yang menyuruhnya mengambil Shuttle Wiki Wiki, jalur bus antar jemput yang membentang antar terminal bandara.

Postcomended   Cina Pamer Kekuatan Militer, AS Mendadak Jadi Ingin Menguji Rudal Anti-radar Terbarunya

Dalam istilah Hawaii, wiki berarti “cepat”. Cunningham juga mengatakan, dia tertarik memberi nama WikiWikiWeb karena aliterasinya dan juga oleh singkatan pencocokannya (WWW).

Gagasan Cunningham adalah membuat halaman WikiWikiWeb dapat diedit dengan cepat oleh para penggunanya, jadi dia awalnya berpikir untuk menyebutnya “QuickWeb”, tetapi kemudian berubah pikiran dan menamakannya “WikiWikiWeb”.(***/dariberbagaisumber)


Share the knowledge
To Top