http://static.snopes.com/app/uploads/2015/10/mike-myers-captian-kill.jpg

Hari ini 39 tahun lalu, film horor legendaris Hollywood, “Halloween”, dirilis untuk pertamakalinya di bioskop. Kesuksesan film ini membuat fil ini dibuat sang sekuel-sekuelnya hingga ke-7. Bahkan pada 2007 dan 2009 dibuat ulang (remake). Bagaimana tidak, keuntungan Halloween jilid satu ini dari seluruh dunia mencapai 70 juta dolar AS.

Angka tersebut setara dengan Rp 180 miliar, dengan asumsi kurs rupiah zaman baheula Rp 2.600 per dolar AS. Satu angka yang sangat fantastis di tahun 1978, dengan ongkos produksi hanya 300 ribu dolar AS (sekitar Rp 780 juta).

Keuntungan sebesar itu disumbang negerinya sendiri, Amerika Serikat (AS), sebesar 47 juta dola AS, dan secara internasional Rp 23 juta dolar AS.

Postcomended   Hacker Retas dan Unggah Foto-foto Bugil Anne Hathaway dan Suami

Jumlah ini membuat Halloween menjadi Ini salah satu film independen yang dianggap paling menguntungkan. Kritikus menduga film yang dibintangi Jamie Lee Curtis dan Donald Pleasence ini terinspirasi karya fenomenal Alfred Hitchcock, Psycho (1960).

Pada 2006, film ini dipilih menjadi satu dari 700 film (hingga 2016) yang dipelihara di National Film Registry (NFR) Amerika Serikat. Film ini dianggap layak diakses oleh generasi mendatang di AS, selain juga memenuhi kriteria dari sisi kultural, historis, atau estetis  di AS.

Film arahan sutradara John Carpenter ini, berkisah tentang seorang psikopat sejak kanak-kanak bernama Michael Myers yang membunuh tanpa alasan, termasuk membunuh kakaknya sehabis berpacaran, sambil menggunakan topeng.

Postcomended   Menguras Emosi, Dunkirk Bukan Film Perang Biasa

Melihat kelainan anaknya, orang tua Michael memasukannya ke panti rehabilitasi. Namun sakitnya tak pernah sembuh. Lima belas tahun kemudian sejak mendekam di panti rehabilitasi, bertepatan dengan perayaan Halloween, 30 Oktober 1978, dia berhasil kabur.

Kembali ke lingkungan rumahnya, dan mengejar-ngejar Laurie Strode ( Jamie Lee Curtis) beserta teman-temannya. Di sisi lain, sang psikiater, berusaha menghentikan aksi pasiennya itu. (***/wikipedia/filmsite)

Share the knowledge