Buy me a coffeeBuy me a coffee
Internasional

26 Agustus dalam Sejarah: The Beatles Rilis “Hey Jude”, Lagu Terbesar Sepanjang Masa

Share the knowledge

Paul McCartney menggendong Julian Lennon, anak John Lennon dari Cynthia. Paul menulis "Hey Jude" untuk menghibur Julian ketika orang tuanya bercerai. (gambar dari: http://www.mccartney.com/?p=14110)

Paul McCartney menggendong Julian Lennon, anak John Lennon dari Cynthia. Paul menulis “Hey Jude” untuk menghibur Julian ketika orang tuanya bercerai. (gambar dari: http://www.mccartney.com/?p=14110)


Pada tanggal ini tahun 1968, The Beatles merilis “Hey Jude”. Lagu ini berhasil mengikat rekor “sepanjang masa” untuk jangka waktu terpanjang suatu lagu berada di puncak tangga lagu AS. Pada 2013, Billboard memasukkannya ke dalam 10 lagu terbesar sepanjang masa.

Lagu ini di awal-awal rilisnya telah menghabiskan sembilan minggu berada di nomor satu di Amerika Serikat (AS), terlama untuk single Beatles. “Hei Jude” mengikat rekor “sepanjang masa”, pada saat itu, untuk jangka waktu terpanjang berada di puncak tangga lagu AS.

Single pertama dari label rekaman Apple Records ini panjangnya lebih dari tujuh menit; yang membuatnya menjadi single berdurasi terpanjang yang pernah menjadi top tangga lagu Inggris.

Postcomended   27 Agustus dalam Sejarah: Penyerbuan Sultan Agung ke Batavia yang Menandai Kehancuran Mataram

Single ini terjual sekitar delapan juta kopi dan sekarang sering dimasukkan dalam daftar kritikus profesional lagu-lagu terhebat sepanjang masa. Pada tahun 2013, Billboard menamainya lagu terbesar ke-10 sepanjang masa.

Awalnya Berjudul “Hey Jules”

“Hey Jude” ditulis oleh Paul McCartney dan dikreditkan dengan nama Lennon-McCartney. Lagu balada ini  berevolusi dari “Hey Jules” yang ditulis McCartney untuk menghibur putra John Lennon, Julian, selama perceraian orang tuanya.

McCartney kemudian berkata, “Saya tahu itu tidak akan mudah baginya”. Sedangkan alasannya mengubah nama menjadi “Jude”, karena menurutnya itu terdengar sedikit lebih baik.

Postcomended   Asal Usul Mitos Orang Sunda Nggak Boleh Nikah Sama Orang Jawa #beritahariini

Menurut wartawan musik Chris Hunt, dalam minggu-minggu setelah menulis “Hey Jude”, McCartney menguji (komposisi) terbarunya ini pada siapa pun yang terlalu sopan untuk menolak. Dan itu berarti semua orang.

Ketika memperkenalkan komposisi lagu “Hey Jude” untuk Lennon, McCartney meyakinkannya bahwa dia akan “fix” (memperbaiki) baris “the movement you need is on your shoulder”, dengan alasan bahwa “itu adalah ekspresi yang bodoh; kedengarannya seperti burung beo.”

Lennon menjawab: “Kamu tidak akan, kamu tahu. Itu adalah baris terbaik dalam lagu tersebut.” McCartney akhirnya mempertahankan frasa tersebut. Dia kemudian mengatakan tentang pertunjukan langsung berikutnya dari lagu itu: “itu adalah garis ketika saya memikirkan John, dan kadang-kadang saya menjadi sedikit emosional pada saat itu.”***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


Buy me a coffeeBuy me a coffee
Buy me a coffeeBuy me a coffee
To Top