Buy me a coffeeBuy me a coffee
Internasional

27 Agustus dalam Sejarah: Brankas Harta Karun dari Reruntuhan Andrea Doria Ditemukan #beritahariini

Share the knowledge

 

Kapal mewah Italia, Andrea Doria, tampak miring sebelum kemudian tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal asal Swedia. Sebanyak 51 orang tewas. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=GUNpAHtqQOM)

Kapal mewah Italia, Andrea Doria, tampak miring sebelum kemudian tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal asal Swedia. Sebanyak 51 orang tewas. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=GUNpAHtqQOM)

Pada tanggal ini, 1981, satu tim peselam mulai menemukan brankas harta karun dari reruntukan Andrea Doria, kapal Italia yang tenggelam pada 1956 dan menewaskan 51 orang. Adalah ahli waris satu department store, Peter Gimbel (53), yang mengerahkan para peselam itu.

Temuan terjadi di perairan dingin 50 mil dari Pulau Nantucket, yang terletak di negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Brankas tersebut diyakini berisi 1-3 juta dollar AS dalam bentuk permata dan barang berharga lainnya.

Sejak kapal mewah Italia itu ditabrak oleh kapal Swedia dan tenggelam 63 tahun lalu dalam kabut pekat Atlantik, harta yang tersembunyi di dalamnya telah memikat para pemburu harta karun ke tempat kejadian.

Tim peselam Gimbel dengan menggunakan tali-temali, menaikkan salah satu dari dua brankas yang belum dibuka itu, 200 meter dari Sea Level 11, kapal operasi mereka. Ekspedisi yang berbiaya 30 ribu dollar AS sehari ini dimulai sejak awal Agustus 1981.

Lillian Pickard, juru bicara Gimbel, mengatakan, seperti dilansir laman UPI, bahwa tim peselam bekerja dalam shift yang diperpanjang, dari satu kapsul yang ditenggelamkan untuk mencari brankas dari reruntuhan Andrea Doria.

Postcomended   Menakjubkan! Ini Dia Sosok Perdana Menteri Tertua Di Dunia

Pejabat dari Chubb Industries Inc., perusahaan di King of Prussia, Pa., yang memasok brankas ke Andrea Doria, mengatakan, jika diminta mereka bersedia membantu membuka brankas yang ditemukan tersebut.

Seorang juru bicara Chubb mengatakan, brankas dibuat khusus untuk menahan pencurian. “Kami senang jika dapat membantu mereka membukanya,” kata juru bicara Chubb, Mike Coffas. “Kami membawa ahli dari Eropa.”

Kapal Mewah dari Perusahaan Bergengsi

Dikutip dari laman Britannica, SS Andrea Doria adalah kapal laut mewah milik perusahaan kapal bergengsi Italian Lines. Panjangnya sekitar 212 meter, dapat membawa sekitar 1.240 penumpang dan 560 anggota awak. Kapal ini terkenal karena kemewahannya, yang meliputi tiga kolam renang luar ruangan dan berbagai karya seni.

Selain itu, kapal dilengkapi dengan fitur keselamatan penting, seperti 11 kompartemen kedap air serta radar, yang pada waktu itu merupakan teknologi yang relatif baru. Pada 14 Januari 1953, Andrea Doria melakukan pelayaran  perdananya, bepergian dari Genoa, Italia, ke New York City.

Postcomended   22 Agustus dalam Sejarah: Orang Yahudi Pertama Injakkan Kaki di AS

Pada 17 Juli 1956, Andrea Doria berangkat dari Genoa dalam perjalanan sembilan hari ke New York. Di dalamnya ada 1.706 orang, termasuk penumpang dan anggota kru. Sekitar pukul 10:45 malam pada tanggal 25 Juli, ketika kapal berlayar ke selatan Nantucket, radar mencatat sebuah kapal yang mendekat, MS Stockholm, sekitar 17 mil laut jauhnya.

Kapal penumpang Swedia, yang dalam perjalanan dari New York ke Gothenburg, segera mendeteksi Andrea Doria di radarnya. Kedua kapal melakukan penyesuaian dalam upaya memperluas jarak yang lewat. Namun, masing-masing salah membaca radar; keduanya menembus kabut tebal untuk berapasan dalam kecepatan gabungan sekitar 40 knot.

Sekitar pukul 11:10 malam, Stockholm menabrak sisi kanan Andrea Doria, merobek 7 dari 11 decknya. Sementara busur Stockholm hancur. Sementara Andrea Doria tenggelam, kapal Stockholm bahkan masih layak jalan. Meski begitu, dari total korban jiwa 51 orang, empat penumpang kapal Stockholm tewas, sisanya dari Andrea Doria.

Angka kematian lebih tinggi dapat dihindari ketika kapal-kapal lain menanggapi sinyal SOS dari Andrea Doria, terutama kapal Ile de France. Sekoci terakhir meninggalkan Andrea Doria sekitar pukul 5:30 pagi pada 26 Juli. Pada pukul 10:09 pagi, hampir 11 jam setelah dipukul, Andrea Doria terbalik dan tenggelam ke kedalaman sekitar 76 meter, di perairan yang dingin, berarus kuat, dan banyak hiu.

Postcomended   Maia Estianty Mengaku Cucu Istri Pertama Sukarno, Istri yang Tak Pernah “Disentuh”

Sejumlah faktor, termasuk kabut tebal, kecepatan tinggi dalam visibilitas yang buruk, dan penggunaan radar yang salah, kemudian dikutip sebagai penyebab tabrakan.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


Buy me a coffeeBuy me a coffee
Buy me a coffeeBuy me a coffee
To Top