1972 Xerox Parc 3-Button Mouse | Vintage computer | Pinterest | Mice ... Pinterest Alto mouse, Rolling ball mouse made by Bill English and this team at Xerox PARC for Alto computers.

1972 Xerox Parc 3-Button Mouse | Vintage computer | Pinterest | Mice … Pinterest Alto mouse, Rolling ball mouse made by Bill English and this team at Xerox PARC for Alto computers.

Di tanggal ini, dua temuan yang mempermudah kehidupan manusia, mencatatkan sejarahnya. Pada 1965, 1965 RC Duncan mematenkan popok sekali pakainya, Pampers. Di dunia teknologi informasi, produsen perangkat keras Xerox, pertamakali memperkenalkan mouse computer, pada 1981. Sedangkan pada 1990, umat muslim merayakan Idul Fitri, 1410 Hijriyah. Namun yang paling menyita perhatian dunia adalah ketika para pelajar Cina, mengambil alih Lapangan Tiananmen, Beijing. Pada 1989, sebelum kemudian ditumpas rezim komunis negeri itu.

Enam hari setelah kematian Hu Yaobang, pemimpin Partai Komunis Cina yang terdesak reformasi, sekitar 100.000 mahasiswa berkumpul di Lapangan Tiananmen untuk memperingati kematian Hu sekaligus menyuarakan ketidakpuasan mereka terhadap pemerintah komunis Cina yang otoriter.

Keesokan harinya, upacara peringatan resmi untuk Hu yang meninggal pada 15 April 1989, diadakan di Aula Besar Rakyat Tiananmen. Pada kesempatan itu, perwakilan siswa pengunjuk rasa membawa petisi ke tangga Aula Besar, menuntut bertemu dengan Perdana Menteri Li Peng.

Postcomended   Donald Trump Diduga Curang Lagi dengan Mendiktekan Sendiri Catatan Kesehatannya

Pemerintah Cina menolak pertemuan itu, yang ditanggapi pelajar dengan boikot umum terhadap universitas-universitas Cina di seluruh negeri dan seruan luas untuk reformasi demokratis. Mengabaikan peringatan pemerintah atas penindasan penuh kekerasan terhadap demonstrasi massa, mahasiswa dari lebih dari 40 universitas mulai melakukan pawai ke Tiananmen pada tanggal 27 April. Para siswa bergabung dengan pekerja, intelektual, dan pegawai negeri.

Unjuk rasa berlanjut pada pertengahan Mei, ketika lebih dari satu juta orang memenuhi alun-alun tersebut, situs proklamasi pemimpin komunis Mao Zedong dari Republik Rakyat Cina pada 1949.
Pada 20 Mei, pemerintah secara resmi mengumumkan darurat militer di Beijing. Pasukan tentara dan sejumlah tank dikerahkan untuk membubarkan para pembangkang. Namun, sejumlah besar siswa dan warga pada 23 Mei memblokir laju mereka, yang berhasil membuat pasukan pemerintah mundur ke pinggiran Beijing.

Pada 3 Juni, diwarnai negosiasi untuk mengakhiri protes yang mandek dan seruan reformasi demokratik yang meningkat, pasukan menerima perintah dari pemerintah Cina untuk merebut kembali Tiananmen dengan segala cara.

Postcomended   Penyuka Gulat Sumo Ini Menjadi Pria Tertua yang Masih Hidup

Hari berikutnya, Tiananmen berdarah. Pasukan Tiongkok secara paksa membersihkan lapangan serta jalan-jalan di Beijing, yang harus dibayar dengan tewasnya ratusan demonstran dan menangkap ribuan demonstran dan orang-orang yang dicurigai sebagai pembangkang.

Dalam minggu-minggu setelah pembantaian tersebut, sejumlah pembangkang yang identitasnya tak diketahui, dieksekusi. Komunias garis keras kembali mengambil kendali penuh atas negara.

Masyarakat internasional marah pada insiden itu. Sanksi ekonomi dijatuhkan Amerika Serikat dan negara-negara lain, yang mengirim ekonomi Cina pada kejatuhan. Namun, pada akhir 1990, perdagangan internasional telah dimulai kembali, sebagian berkat negosiasi dengan imbalan pembebasan beberapa ratus tahanan yang dipenjara akibat persitiwa tersebut.(***/history.com/onthisday/wikipedia)