27 Juli dalam Sejarah: Insulin Ditemukan dari Percobaan Mengisolasinya dari Pankreas Anjing

27 Juli dalam Sejarah: Insulin Ditemukan dari Percobaan Mengisolasinya dari Pankreas Anjing

Internasional
Share the knowledge

Tanggal ini tahun 1921 merupakan hari penting bagi jutaan penderita diabetes di dunia ketika para peneliti Universitas Toronto yang dipimpin biokimiawan Sir Frederick Grant Banting mengumumkan temuan hormon insulin. Temuan ini kemudian diganjar Nobel pada 1923.

Dilansir laman Toronto Public Library, temuan ini ditandai dengan keberhasilan mengisolasi insulin dari pankreas anjing. Upaya ini dilakukan Banting dengan tiga rekannya: J.J.R. Macleod, Charles Best, dan James Bertram Collip.

Dimulai pada 11 Januari 1922, insulin (awalnya disebut isletin) diberikan kepada Leonard Thompson berusia 14 tahun yang menderita diabetes tipe 1, di Rumah Sakit Umum Toronto, Kanada.

Thompson awalnya memiliki reaksi alergi terhadap ekstrak yang “diramu” oleh Banting dan Best tersebut. Namun, pada 23 Januari 1922, Thompson bereaksi lebih positif terhadap ekstrak yang dikembangkan Collip.

Untuk penemuan ini, Banting bersama-sama dengan Macleod dianugerahi Hadiah Nobel dalam bidang Fisiologi atau Kedokteran pada 1923. Macleod berjasa memberi Banting akses ke fasilitas laboratorium di Universitas Toronto pada 1921 bersama dengan bantuan seorang mahasiswa kedokteran, yakni Best.

Postcomended   Riset Mengenai Jam Biologis Tubuh Raih Nobel Kedokteran

Berikan Separuh Hadiah Nobel pada Best dan Collip

Banting sempat marah pada Komite Nobel karena mengabaikan kontribusi Best dalam penemuan insulin sehingga Banting dengan gagah membagi separuh uang Hadiah Nobelnya dengan Best. Sebagai tanggapan, Macleod juga mengikuti jejak Banting. Dia membagikan separuh uang Hadiah Nobelnya kepada Collip.

Best pada 1929 adalah orang yang menggantikan Macleod sebagai profesor fisiologi di Universitas Toronto pada 1929. Selain menjadi penerima hadiah Nobel termuda dalam bidang kedokteran/fisiologi, Banting juga menerima Hadiah Reeve pada 1922 dari Universitas Toronto, dianugerahi penghargaan “tunjangan hidup tahunan seumur hidup” sebesar 7.500 dollar AS oleh pemerintah Kanada pada 1923.

Postcomended   10 Januari dalam Sejarah: Komik Tintin Pertamakali Terbit di Suplemen "Le Petit Vingtieme"

Dia juga dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Raja George V pada tahun 1934 –menjawab pertanyaan atas gelar “Sir” pada namanya– serta menjadi Wakil Presiden Asosiasi Diabetes (sekarang Diabetes UK). Banting juga menjadi anggota Royal Society pada tahun 1935.

Banting lahir pada 14 November 1891 di Alliston, Ontario. Dia meninggal pada 21 Februari 1941 di Musgrave Harbour, Newfoundland, akibat infeksi setelah mengalami kecelakaan pesawat.***


Share the knowledge

Leave a Reply