Jawaharlal Nehru Biography – Childhood, Facts & Achievements of ... Cultural India700 × 420Search by image Legacy

Jawaharlal Nehru Biography – Childhood, Facts & Achievements of … Cultural India700 × 420Search by image Legacy

Hari ini, 1946, Perdana Menteri India, Jawaharlal Nehru, membuat pidato yang penuh semangat di New Delhi, untuk pelucutan senjata nuklir. Dia mengajukan banding ke Amerika Serikat dan Uni Soviet agar mereka mengakhiri uji coba nuklir dan memulai perlucutan senjata. Hal ini kata Nehru, akan menyelamatkan umat manusia dari bencana besar.

Perang Dingin merupakan periode konflik antara blok Barat yang diwakili Amerika Serikat (AS) dan blok Timur yang diwakili Uni Soviet (USSR), beserta negara sekutu masing-masing. Perang Dingin ditenggarai terjadi antara tahun 1947-1991.

Tak ada saling lempar bom dan letusan senjata melainkan persaingan mempertahankan hegemoni di berbagai kawasan dengan mempertahankan masing-masing ideologi: Sosialisme-Komunisme oleh USSR dan Liberalisme-Kapitalisme oleh AS, juga persaingan dalam hal koalisi militer, teknologi, antariksa, perlombaan produksi senjata nuklir, perang proksi, dll.

Postcomended   17 November dalam Sejarah: Britney Spears Termuda Raih "Walk of Fame", Charlie Sheen Mengaku Positif HIV

Jawaharlal Nehru adalah Perdana Menteri independen (non partai) India pertama. Lahir di Allahabad, India, pada 1889. Dia dididik di Inggris dan pada tahun 1912 kembali ke India untuk menjadi seorang pengacara.

Setelah peristiwa pembantaian 1919 di Amritsar, di mana 379 pemrotes tak bersenjata ditembak oleh tentara Inggris, dia memutuskan untuk mengabdikan dirinya pada perjuangan kemerdekaan India.

Dia menjadi sangat dekat dengan Partai Kongres Nasional India dan mengembangkan persahabatan dengan pemimpin gerakan kemerdekaan India, Mohandas “Mahatma” Gandhi, yang berusia 20 tahun lebih tua darinya.

Pada 1921, pihak berwenang Inggris memenjarakan Nehru untuk kegiatan politiknya untuk pertama kalinya. Selama 24 tahun berikutnya, dia harus menjalani delapan hukuman penjara karena pembangkangan sipilnya, yang menambah total lebih dari sembilan tahun berada di balik jeruji besi.

Postcomended   19, 20, 21 Agustus dalam Sejarah: Perbudakan di AS Dimulai

Pada 1929, Gandhi membantu Nehru menjadi pemimpin Kongres Nasional India, dan Nehru segera muncul sebagai pewaris politik Gandhi. Pada tahun 1942, Gandhi dan Nehru meluncurkan kampanye Quit India, menyatakan bahwa India tidak akan menawarkan bantuan perang ke Inggris kecuali jika kemerdekaan India segera diberikan.

Inggris menanggapi dengan memenjarakan mereka dan pemimpin India lainnya dari tahun 1942 sampai setelah kekalahan Jerman pada tahun 1945. Setelah perang, Nehru berpartisipasi dalam perundingan yang menyebabkan pembagian anak benua India ke negara-negara merdeka India dan Pakistan.

Pada 1947, Nehru menjadi perdana menteri independen pertama di India, untuk kemudian tiga kali berturut-turut terpilih lagi. Dia adalah seorang pemimpin yang sangat populer. Dengan terampil dia memimpin India melewati tahun-tahun awal kemerdekaan yang sulit; melihat pertempuran berdarah antara orang Hindu dan Muslim.

Dalam urusan luar negeri, dia misalnya menganjurkan India berada di posisi non-blok untuk Perang Dingin yang membuat negara-negara di dunia terpecah, dan mencari solusi diplomatik dan tanpa kekerasan dalam konflik dengan negara-negara lain.

Postcomended   16 November dalam Sejarah: Operasi Karpet Ajaib Terbangkan Yahudi Pertama ke Israel

Nehru merintis menuju karir politiknya di usia 17, dan meninggal dunia tahun1964.(***/history.co/hariansejarah)

Share the knowledge