Internasional

28 Agustus dalam Sejarah: Selamatkan Kekayaannya, Pengusaha AS Bangun Lokomotif Uap Generasi Awal

Share the knowledge

 

The first locomotive in America came from England in 1829, an 0-4-0 built by Foster, Rastrick & Co. of Stourbridge, and named the Stourbridge Lion. Built for the Delaware & Hudson Canal Co., its intended use was to haul coal wagons on D&H... (source: ctr.trains.com)

Ilustrasi lokomotif uap sejenis dengan Tom Thumb (sumber: ctr.trains.com)

Pada tanggal ini, 1930, demi memperlancar lalu lintas bisnisnya, Peter Cooper, seorang pengusaha, penemu, dan filantropis AS, membangun lokomotif uapnya sendiri yang diujicoba dengan berpacu dengan kereta bertenaga kuda.

“Tom Thumb”, lokomotif uap yang dibangun Cooper, berbahan bakar batu bara yang beratnya sekitar satu ton. Cooper ingin mendemonstrasikan kepraktisan lokomotif uap menarik (gerbong) kereta api, daripada menggunakan kuda. Cooper berharap jalur B & O (Baltimore dan Ohio) Railroad yang sedang direncanakan akan membantu menyelamatkan kekayaannya.

“Tom Thumb” telah dicoba beberapa kali sebelum diujicoba berpacu dengan kuda. Meskipun memulai dengan banyak masalah: seperti mengalami kebocoran uap, namun dia telah menjawab semua harapan penemunya.

Lokomotif uap sudah ada di tempat lain di dunia, namun B & O Railroad awalnya masih mengandalkan kuda untuk menarik kereta penumpang dan barang. Lokomotif ini diberi nama “Tom Thumb” karena ukurannya yang kecil dan beratnya kurang dari satu ton.

Pada 28 Agustus 1930, Cooper memutuskan untuk mendemonstrasikan penemuannya ini dengan perjalanan dari Baltimore ke Ellicott’s Mills. Sebuah gerbong terbuka melekat pada “Tom Thumb”. Para direktur B & O dan teman-temannya diundang untuk menikmati perjalanan pertama dengan mesin uap ini di Amerika.

Postcomended   Huawei Mengaku Siap Hidup dengan Sanksi AS, Pengamat: Cina Bakal Kian Kuat

Lokomotif demonstrasi ini menampilkan boiler tegak, wheelbase pendek, dan kemudi yang diarahkan. Untuk mengejutkan para penumpang tamunya, lokomotif itu melaju dengan kecepatan mengesankan 10-14 mil per jam.

Saat kembali dari Ellicott’s Mills, “Tom Thumb” diceritakan diujicoba balapan dengan gerbong yang ditarik kuda. Lokomotif sempat berada jauh di depan gerbong yang ditarik kuda, namun apa daya, namanya juga mesin, tiba-tiba mesin kehilangan uapnya.

Postcomended   20 Agustus dalam Sejarah: Pasukan Khalid bin Walid Kalahkan Pasukan Byzantium

Saat Cooper mencoba memperbaiki sabuk mesin, kuda melesat meninggalkannya. Tak ada bukti domukentasi mengenai peristiwa terakhir ini. Bahkan lokomotif aslinya pun tidak pernah berhasil diselamatkan, kecuali sebuah replikanya yang ditaruh di museum.

Cooper tidak diakui hingga 1875 untuk pencapaiannya ketika ia menggambarkan dan membuat sketsa gambar lokomotif. Replika untuk museum dibangun untuk Fair of the Iron Horse dari B & O Railroad. Replika ini mengikuti deskripsi umum yang diberikan Cooper, sehingga dibangun hanya berdasarkan gambaran pada 1927, bukan berdasarkan ukuran historis.

Namun n”Tom Thumb” telah dikenal sebagai lokomotif uap Amerika pertama yang sukses, yang menarik penumpang sampai setidaknya Maret 1831, tetapi tidak pernah ditempatkan ke layanan reguler.(***/dariberbagaisumber)


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top