Thales of Miletus (credit: Fact Republic)

Pada tanggal ini tahun 1889, Edouard dan Andre Michelin menggabungkan perusahaan mereka menjadi perusahaan ban Michelin. Di tanggal sama pada 2014, otak kudeta Mesir terhadap presiden sebelumnya, Muhammad Mursi, yakni Abdel Fattah el-Sisi, terpilih menjadi presiden Mesir. Di masa Sebelum Masehi yakni 585 SM, yang dipercaya jatuh di hari ini, gerhana matahari membuat suatu pertempuran terhenti.

Setelah lebih dari satu dekade bertempur, gerhana matahari yang terjadi pada tanggal ini, tahun 585 SM, membuat satu pertempuran di Asia Tengah terhenti, yang membuat pertempuran ini dikenal dengan nama Pertempuran Eclipse. Ini bukan gerhana matahari pertama yang tercatat. Setelah gagal memprediksi salah satunya pada 2300 SM, dua astrolog Cina di istana kaisar segera terlepas dari kepala mereka.

Ini juga merupakan gerhana pertama yang diketahui telah diprediksi. Tablet tanah liat dari Babel merekam gerhana di Ugarit pada tahun 1375 SM. Catatan kemudian mengidentifikasi gerhana matahari total yang membuat siang “berubah menjadi malam” pada 1063 dan 763 SM.

Ini juga mungkin merupakan gerhana pertama yang menghentikan pertempuran. Sebelum gerhana, Aylattes, raja Lydia, dan Cyaxares, raja Medes, keduanya di Asia Tengah, telah berperang selama 15 tahun. Tepat sebelum gerhana terjadi, mereka bertempur di dekat Sungai Halys di tempat yang sekarang menjadi pusat Turki, menurut laporan sejarah.

Postcomended   Mengherankan, Ducati Lebih Sayang Dovizioso Ketimbang Lorenzo

Tiba-tiba, langit menjadi gelap dan matahari lenyap. Tertegun, kedua pasukan itu meletakkan senjatanya. Akibatnya, pertempuran dan perang antar kedua pihak, berakhir berkat intervensi fenomena astronomi.

Raja-raja dari Kilikia dan Babel membantu merundingkan perjanjian antara musuh, dengan sungai Halys di mana Pertempuran Eclipse terjadi, menjadi batas antara kedua kelompok.

Sebelum gerhana yang menghentikan Pertempuran Eclipse di Asia Kecil itu, gerhana sebelumnya yang tercatat adalah sedini 2300 SM di Cina, dan pada 1375 SM dan 1063 SM di Babel. Catatan sejarah menunjukkan gerhana 585 SM adalah yang pertama telah diprediksi.

Dalam catatan tertulis, sejarawan Yunani, Herodotus, menulis bahwa filsuf pra-Sokrates Yunani, Thales of Miletus, meramalkan bahwa gerhana akan terjadi ketika Medians dan Lydia sedang berperang. Tidak diketahui metode mana yang digunakan Thales untuk memprediksi gerhana ini.
Pada saat itu, orang-orang Yunani tidak dapat memprediksi gerhana secara akurat, tetapi orang Mesir bisa, dan sepertinya Thales mengadopsi teknik mereka.

Gerhana matahari sangat sulit diprediksi. Yang perlu dihitung tidak hanya kapan akan terjadi, tetapi juga di mana akan terlihat. Dalam gerhana bulan, ketika bayangan Bumi jatuh di Bulan, peristiwa ini terlihat di seluruh sisi Bumi yang sedang mengalami malam hari, dengan durasi lebih dari satu jam.
Namun dalam gerhana matahari, bayangan bulan jatuh di Bumi dalam jalur yang relatif sempit, dan durasi maksimum totalitas di suatu tempat hanya sekitar 7,5 menit.

Postcomended   10 Pesona Victoria Lopyreva, model seksi duta Piala Dunia 2018

Thales telah menghitung gerhana yang terkenal ini, yang dalam sejarah menjadi dikenal sebagai gerhana yang mengakhiri perang. Untuk memprediksinya, Thales pasti telah mengetahui orbit bulan dalam beberapa detail.

Dengan menggunakan metode perhitungan yang sama yang memprediksi gerhana di masa depan, para astronom jadul ini telah dapat menghitung gerhana yang terjadi di masa lalu.

Kandidat yang paling mungkin untuk gerhana Thales adalah terjadi pada 28 Mei 585 SM, meskipun beberapa pihak berwenang percaya mungkin itu 25 tahun sebelumnya yakni pada 610 SM. Ratusan sarjana telah memperdebatkan hal ini selama hampir dua milenium.

Kita tidak tahu metode yang digunakan Thales untuk membuat ramalannya. Metode ini mungkin hanya digunakan sekali, karena kita tidak memiliki catatan lain dari orang-orang Yunani di era ini secara akurat memprediksi gerhana lebih lanjut.

Postcomended   Survei: Mayoritas Perempuan Menolak Perokok

Thales diyakini telah mempelajari teknik pengukuran tanah Mesir (geo metry dalam bahasa Yunani) yang kemudian dikodifikasikan oleh Euclid. Kita harus bertanya-tanya apakah Thales membuat prediksi gerhana yang terkenal itu sendiri, atau apakah dia hanya meminjamnya dari Mesir. Namun dia telah membuat prediksi untuk gerhana di Asia Tengah tersebut. Betapapun tepat atau tidaknya, gerhana itu terjadi. (***/onthisday/wired/historychannel)

Share the knowledge