Irlandia merekam peristiwa gerhana matahari purba dan pertama di era manusia modern

Pada tanggal ini tahun 1946, Black Sabbath-Brits menangkap 2.700 orang Yahudi di Palestina sebagai terduga teroris. Di tanggal sama empat tahun lalu, pimpinan ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, mengumumkan pembentukan “kekhalifahan” di seluruh dunia, di Mosul, Irak. Masih di tanggal ini, pada era Sebelum Masehi, yakni tahun 512, peristiwa gerhana matahari direkam oleh biarawan Irlandia.Sulit menentukan kapan gerhana matahari pertama yang terdokumentasikan. Namun orang Irlandia memiliki sejarah panjang dan masyhur ihwal gerhana matahari, antara lain yang terekam terjadi pada 5000 tahun lalu. Namun salah satu gerhana pertama dari era manusia modern yang terdokumentasikan juga terjadi di Irlandia, yang disebut jatuh pada tanggal ini tahun 512.

Gambar-gambar gerhana pertama itu terekam pada tugu batu berumur 5.000 tahun. Nenek moyang dari Irlandia kuno mengukir gambar gerhana kuno pada batu raksasa lebih dari 5.000 tahun yang lalu, pada 30 November, 3340 SM. Ini adalah gerhana matahari tertua yang tercatat dalam sejarah.

Ilustrasi tersebut ditemukan di situs Stone Age “Cairn L” yang terletak di Carbane West, Loughcrew, luar Oldcastle, Kabupaten Meath. Lanskap kawasan perbukitan di lokasi ini diseraki monument-monumen Neolitikum.

Beberapa mengatakan bahwa awalnya ada setidaknya 40-50 monumen, tetapi yang lain mengatakan ada 100. “Cairn L” disebut di artikel Astronomi Irlandia sbb: “Rekor Lama Gerhana yang Dikenal Irlandia 5.355 Tahun Lalu”.

Artikel itu mencatat bahwa pendeta astronom Neolitik Irlandia mendokumentasikan gerhana matahari tersebut pada tiga batu yang berkaitan dengan gerhana, seperti yang terlihat di lokasi tersebut.

Dua peneliti, Martin Brennan dan Jack Roberts, selama penelitian di Loughcrew, menemukan catatan yang menyebutkan bahwa “matahari menyinari ruangan ini pada pagi hari Samhain dan Imbolc, suatu festival Celtic kuno”.

Tanggal-tanggal penting ini jika diselaraskan dengan waktu modern kira-kira sama dengan selama minggu pertama bulan November dan minggu pertama bulan Februari.

Gerhana pada 3340 SM ini adalah satu-satunya gerhana yang cocok dari 92 gerhana matahari dalam sejarah yang dilacak oleh ahli arkais-astronom Irlandia, Paul Griffin.

Dengan tidak ada teknologi yang tersedia bagi para ahli modern, orang Irlandia kuno membangun struktur rumit ini, yang tidak hanya bertahan selama lebih dari 5.000 tahun tetapi dibangun dengan ketelitian sedemikian rupa sehingga mereka terus melakukan fungsi astronomi mereka hari ini.

Banyak yang percaya bahwa Celtic kuno menciptakan “festival cahaya” untuk menyambut gerhana, yaitu, mereka tahu itu akan datang.

Struktur kuno “Cairn L” tetap menjadi misteri. Aspek yang paling tidak biasa dari monumen adalah batu pilar tinggi di dalam ruang yang dikenal sebagai “Batu Berbisik”. Pilar batu kapur ini setinggi dua meter dan memberi kesan bahwa seluruh ruang dan piramida yang ada dibangun untuk menjaganya.(***/irishcentral/onthisday)

Share the knowledge