Minum Kopi 3 Kali Sehari Turunkan Risiko Diabetes - Health ... Health Liputan6.com673 × 373Search by image Minum Kopi 3 Kali Sehari Turunkan Risiko Diabetes

Minum Kopi 3 Kali Sehari Turunkan Risiko Diabetes – Health … Health Liputan6.com673 × 373Search by image Minum Kopi 3 Kali Sehari Turunkan Risiko Diabetes

Minum kopi 3-4 cangkir sehari boleh jadi memiliki beberapa manfaat kesehatan, demikian kajian dari satu penelitian di BMJ. Kebiasaan ini terkait ke risiko penyakit hati dan beberapa jenis kanker yang lebih rendah, dan juga menurunnya risiko kematian akibat stroke; namun para periset tidak dapat membuktikan bahwa kopi lah penyebabnya secara langsung.

Bagaimanapun, terlalu banyak kopi selama kehamilan bisa berbahaya. Para ahli juga mengatakan, tidak seharusnya seseorang mulai minum kopi karena alasan kesehatan.

Peneliti dari Universitas Southampton mengumpulkan data mengenai dampak kopi pada semua aspek tubuh manusia, dengan mempertimbangkan lebih dari 200 penelitian; penelitian ini sebagian besar merupakan hasil pengamatan.

Dibandingkan dengan yang tidak minum kopi, mereka yang minum tiga cangkir kopi sehari ternyata mengurangi risiko terkena masalah jantung atau kematian. Manfaat terkuat dari konsumsi kopi terlihat pada penurunan risiko penyakit hati, termasuk kanker.

Namun Prof Paul Roderick, rekan penulis studi tersebut, dari fakultas kedokteran di Universitas Southampton, mengatakan, tinjauan tersebut tidak dapat mengatakan bahwa asupan kopi telah membuat perbedaan.

“Faktor-faktor seperti usia, merokok atau tidak, dan berapa banyak olah raga yang dilakukan, bisa berpengaruh,” katanya. Temuan ini semakin meyakinkan tentang manfaat kopi yang ada selama ini.

Postcomended   Wali Kota Sangkal Isu Tutupnya Toko Kopi Legendaris Bogor

“Ada keseimbangan risiko dalam hidup, dan manfaat mengonsumsi kopi secara moderat tampaknya lebih besar daripada risikonya,” katanya.

NHS merekomendasikan agar ibu hamil tidak minum lebih dari 200mg kafein sehari, atau setara dua cangkir kopi instan, karena terlalu banyak ngopi dapat meningkatkan risiko keguguran. Kajian ini menunjukkan bahwa wanita yang berisiko patah tulang juga harus mengurangi kopi. Seperti diketahui, kafein menghambat penyerapan kalsium oleh tulanf.

Untuk orang dewasa lainnya, asupan kafein yang moderat adalah setara dengan 400mg atau kurang per hari, atau sama dengan 3-4 cangkir kopi, dengan catatan itu bukan minuman (atau makanan) satu-satunya yang dikonsumsi.

Berapa kafein dalam minuman saya?

-satu cangkir kopi saring: 140mg

Postcomended   Kopi dan Budaya Diskusi Kita

-satu cangkir kopi instan: 100mg

-satu cangkir teh: 75mg

-satu kaleng cola: 40mg

-satu 250 ml kaleng minuman energi: sampai 80mg

-bar coklat polos: kurang dari 25mg

-bar coklat susu: kurang dari 10mg

Namun para periset memberi catatan bahwa peminum kopi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah minum “kopi sehat”, yakni yang menghindari tambahan gula, susu, atau krim, atau makanan ringan berlemak di sampingnya.

Dan mereka menyerukan uji klinis yang ketat mengenai asupan kopi untuk mengetahui lebih banyak tentang manfaat potensialnya bagi kesehatan.

Saat ini para periset mengatakan bahwa menyimpulkan secara tepat bagaimana kopi memiliki dampak positif pada kesehatan adalah “sulit”. Meskipun bisa juga dikaitkan pada efek anti-oksidan dan anti-fibrotik-nya yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel-sel di tubuh.

Mengomentari review BMJ, Eliseo Guallar, dari Sekolah Kesehatan Masyarakat John Hopkins Bloomberg, mengatakan, masih ada ketidakpastian tentang efek tingkat asupan kopi yang lebih tinggi. Tapi dia menambahkan: “Konsumsi kopi moderat tampaknya sangat aman, dan bisa dimasukkan sebagai bagian dari makanan sehat oleh sebagian besar populasi orang dewasa.”

Postcomended   Indonesia Belajar Minum Kopi Tanpa Ampas (3)

Tom Sanders, profesor emeritus nutrisi dan dietetik di King’s College London, mengatakan, kopi diketahui menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang dan juga meningkatkan keinginan untuk pergi ke toilet; beberapa orang memilih untuk tidak minum kopi karena alasan ini. “Penderita irama jantung yang tidak normal sering disarankan untuk minum kopi tak berkafein.”(***/bbc)