Korban tewas bocornya pabrik pestisida Bhopal yang melepaskan awan beracun ke udara (https://drop.ndtv.com/albums/NEWS/bhopal_gas_tragedy_30_years/5.jpg)

Hari ini, 1984, pabrik pestisida yang berada di kawasan padat penduduk, Bhopal, India, membocorkan awan metil isosianat yang sangat beracun ke udara. Dari sekitar satu juta orang yang tinggal di Bhopal saat itu, 2.000 orang tewas seketika akibat menghirup awan beracun. Setidaknya 600.000 orang terluka, dan sedikitnya 6.000 meninggal dunia sejak saat itu. Peristiwa ini kemudian sebagai Tragedi Bhopal; salah satu bencana industri terburuk dalam sejarah.

Kebocoran tersebut disebabkan oleh serangkaian kesalahan mekanis dan kesalahan manusia di pabrik penghasil pestisida yang dioperasikan oleh Union Carbide Corporation, perusahaan multinasional berbasis Amerika Serikat (AS).

Postcomended   26 Oktober dalam Sejarah: Gunung Merapi Meletus Menewaskan 300-an Jiwa Termasuk Sang Kuncen

Peralatan pabrik diketahui gagal mendeteksi kebocoran besar-besaran. Ketika alarm terdengar, situasi sudah tak terkendali.

Keadaan diperburuk oleh belum terlatihnya pejabat kesehatan setempat mengenai toksisitas bahan kimia yang digunakan di pabrik Union Carbide itu. Selain itu, tidak ada prosedur darurat untuk melindungi warga Bhopal jika terjadi kebocoran bahan kimia.

Padahal jika warga Bhopal sekadar meletakkan handuk basah di atas wajah mereka, sebagian besar akan lolos dari cedera serius.

Pemerintah India kemudian menggugat Union Carbide dalam kasus perdata dan pada 1989 menuntut agar perusahaan itu membayar ganti rugi sebesar 470 juta dolar AS.

Begitu banyaknya warga yang terkena dampak bencana, kebanyakan korban Bhopal hanya menerima 550 dolar AS. Nilai ini tidak mencukupi untuk membiayai pengobatan penyakit paru-paru kronis, masalah mata, gangguan kejiwaan, dan penyakit umum lainnya yang berkembang akibat bencana itu.

Postcomended   10 Oktober dalam Sejarah: Batavia Banjir Darah, VOC Membantai Warga Etnis Cina

Kompensasi rata-rata untuk kasus kematian akibat bencana tersebut adalah 1.300 dolar AS. Dan Pemerintah India, yang terkenal korup, belum mendistribusikan biaya tersebut kepada sekitar setengah dari pemukim asli di sekitar Union Carbide.

Union Carbide, yang menghentikan pabrik Bhopal setelah bencana, telah gagal untuk membersihkan wilayah ini sepenuhnya dari paparan bahan kimia. Bahkan kompleks pabrik yang usang dan ditinggalkan tersebut masih terus membocorkan berbagai zat beracun ke dalam air dan tanah Bhopal.(***/history.com)

Postcomended   5 Oktober dalam Sejarah: Revolusi Beberapa Tahun Runtuhkan Monarki Absolut Prancis Berabad-abad

Share the knowledge