UMAR IBN AL-KHATTAB (THE MAN OF TRUTH) | Islam Is Our Life theislamisourlife.wordpress.com1024 × 694Search by image Assalamualaikum Warahamathulahi Wabarakatuhu Umar Ibn Al-Khattab (Radhiallahu Anhu) was next to Abu Bakr As-Siddeeq (Radhiallahu Anhu) among the companions of Prophet Muhammad (Salallahu Alayhiwass…

UMAR IBN AL-KHATTAB (THE MAN OF TRUTH) | Islam Is Our Life theislamisourlife.wordpress.com1024 × 694Search by image Assalamualaikum Warahamathulahi Wabarakatuhu Umar Ibn Al-Khattab (Radhiallahu Anhu) was next to Abu Bakr As-Siddeeq (Radhiallahu Anhu) among the companions of Prophet Muhammad (Salallahu Alayhiwass…

Hari ini, tahun 644, umat Muslim di tanah Arab, berduka. Onthisday.com mencatat, pemimpin umat Islam yang sederhana dan bijaksana, Umar bin Khattab, dibunuh oleh seorang budak Persia saat sedang memimpin salat di masjid Masjid Nabawi, Madinah. Budak Persia bernama Abu-Luluah ini menikam Umar enam kali menggunakan belati, kemudian dia bunuh diri. Luluah disebut memiliki dendam pribadi terhadap Umar. Umar meninggal dua hari kemudian, dan dikuburkan di samping Muhammad SAW dan Abu Bakar.

Khalifah kedua setelah Abu Bakar ini dikenal sebagai pemimpin yang saleh, rendah hati, sekaligus berani. Perpaduan ketiga karakter ini bahkan mengesankan pihak yang cenderung kritis terhadap Islam, seperti halnya ilmuwan terkemuka Inggris abad ke-19, Sir William Muir.

Situs newworldencyclopedia, mengutip penilaian Muir atas Umar. Sebagian dari pendapat Muir ini kira-kira sebagai berikut:

Postcomended   Arab Saudi Mencabut Larangan Yoga

Kesederhanaan dalam bertugas adalah penunjuk arahnya. Ketidakberpihakan dan pengabdiannya adalah faktor utama pemerintahannya. Di masa Nabi di kemudian hari, dia sempat dikenal sebagai pendendam. Dia pernah menghunus pedang pada Nabi. Dialah yang menasihati agar semua tahanan dihukum mati. Tapi umur dan jabatan telah melunakkannya. Perasaan keadilannya menjadi kuat. Tidak ada tindakan tirani atau ketidakadilan yang dicatatkan terhadapnya. Dengan cambuk di tangannya, dia akan berkeliling di jalanan dan pasar di Madinah, siap untuk menghukum pelanggar di tempat; sehingga muncul pepatah, “Cambuk Umar lebih mengerikan daripada pedang orang lain.” Tapi terhadap semua dia dikenal memiliki sikap lembut hati. Kebaikannya tak terhitung jumlahnya, seperti membebaskan keinginan para janda dan anak yatim.

Ada beberapa kritik bahwa terkadang Umar memperlakukan istrinya dengan kejam (dia memiliki tujuh istri) dan satu hadis tentang pembalasan istri dikaitkan dengan Umar (Sunan Abu Dawud, Marriage (Kitab Al-Nikah), Buku 11, Nomor 2142).

Postcomended   Daging Merah Tidak "Haram", Kurangi Saja,

Dia juga menyuruh anaknya dihukum mati karena minum alkohol (Makiya 2001: 147). Di sisi lain, dia juga meriwayatkan sebuah hadits bahwa jika seorang tuan memukul seorang budak tanpa alasan pasti, dia harus membebaskan budak tersebut (Sahih Muslim, Kitab Sumpah (Kitab Al-Aiman), Buku 015, Nomor 4079).

Kekhalifahan Umar, Jewishvirtuallibrary.org menulis, adalah yang kedua dari empat khalifah yang dipandu dengan benar. Umar lahir di Mekkah, 581, dari klan Adi dan suku Quraisy. Umar berasal dari keluarga kelas rata-rata, tapi dia bisa menjadi terpelajar, dan juga terkenal dengan kekuatan fisiknya: menjadi pegulat juara.

Ketika Muhammad SAW pertama kali mendakwahkan Islam, Umar percaya bahwa Islam adalah retorika heretis terhadap orang Quraisy dan nenek moyangnya, dan dia memutuskan untuk membunuh Muhammad.

Namun dia segera berangkat ke rumah Muhammad, demi mendengar kabar tentang pertobatan saudaranya pada Islam. Umar awalnya marah pada kabar tersebut, namun setelah membaca beberapa isi al-Quran dia langsung berubah.

Alih-alih membunuh Muhammad, dia bertekad menerima Islam. Umar adalah bagian dari emigrasi pertama ke Madinah, dan menjadi pendamping penting Muhammad. Dia berpartisipasi dalam semua pertempuran Muslim melawan orang kafir Quraisy.

Postcomended   Akhir Perjalanan HTI

Saat mendengar kematian Muhammad, Umar berada dalam keadaan putus asa sehingga dia mengancam akan memenggal siapapun yang mengatakan bahwa Muhammad telah meninggal.

Bersahaja, namun begitu keras dan tegas dalam menghadapi kebatilan, menjadi identitas Umar yang banyak menginspirasi kepemimpinan di dunia khususnya dunia Islam. Seorang yang bersikap lemah lembut terhadap kelompok-kelompok yang tidak diperlakukan adil, sekali pun berbeda agama.***