Internasional

30 April dalam Sejarah: World Wide Web Dibuka untuk Semua Orang

Share the knowledge

 

(gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=mc6Uy368Um8)

(gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=mc6Uy368Um8)

Pada tanggal ini tahun 1993, Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) menempatkan World Wide Web atau yang dikenal dengan singkatan WWW, menjadi domain publik; sebuah keputusan yang secara fundamental telah mengubah dunia dalam seperempat abad terakhir ini.

WWW diciptakan empat tahun sebelumnya oleh karyawan CERN, Tim Berners-Lee. Dikutip dari laman Popularmechanics.com, internet pada saat itu semakin populer di kalangan akademisi, tetapi masih memiliki utilitas arus utama yang terbatas.

Ilmuwan Robert Kahn dan Vinton Cerf lalu mengembangkan Protokol Kontrol Transmisi dan Protokol Internet (TCP/IP), yang memungkinkan transfer informasi lebih mudah. Tetapi ada masalah mendasar tentang bagaimana mengatur semua informasi itu.

Pada akhir 1980-an, Berners-Lee menyarankan sistem manajemen seperti web, diikat bersama oleh serangkaian apa yang disebutnya hyperlink. Dalam sebuah proposal, Berners-Lee meminta manajemen CERN untuk “membayangkan, lalu, referensi dalam dokumen ini semuanya terkait dengan alamat jaringan dari hal yang mereka referensikan, sehingga saat membaca dokumen ini Anda dapat melompat ke mereka dengan satu klik pada mouse”.

Empat tahun kemudian, proyek itu masih terus berkembang. Pada Januari 1993, browser web besar pertama, yang dikenal sebagai MOSAIC, dirilis oleh Pusat Nasional untuk Aplikasi Superkomputer di University of Illinois Urbana-Champagne.

Postcomended   Geng Internasional Pembobol Rekening Bank dengan Menggunakan Malware, Terbongkar

Walaupun ada versi gratis MOSAIC, perusahaan-perusahaan perangkat lunak nirlaba membeli lisensi non-eksklusif untuk menjual dan mendukungnya. Lisensi MOSAIC pada saat itu berharga 100 ribu dollar AS plus 5 dollar AS, masing-masing untuk sejumlah salinan.

WWW dijadikan domain publik hanya beberapa bulan setelah MOSAIC dirilis. Di situs web organisasi, keputusan ini dideskripsikan sebagai berikut:

Postcomended   8 Maret dalam Sejarah: CD Diperkenalkan Pertama Kali, Dianggap Inovasi Paling Berharga

CERN membuat rilis berikutnya tersedia dengan lisensi terbuka, sebagai cara yang lebih pasti untuk memaksimalkan penyebarannya. Tindakan ini membuat perangkat lunak yang diperlukan untuk menjalankan server web tersedia secara bebas, bersama dengan browser dasar dan perpustakaan kode, web diizinkan berkembang.

Ketegangan antara masing-masing rute CERN dan MOSAIC, pilihan antara Wild West dan (atau mencari) laba tinggi, telah muncul lagi dan lagi dalam sejarah web. Keputusan ini menjadikan domain publik web terbuka bagi siapa saja yang memiliki komputer.

Visi Berners-Lee tentang web yang dibuka sepenuhnya oleh para penggunanya mungkin awalnya terasa seperti mimpi utopis, tetapi ini adalah kesuksesan yang tak terbantahkan. Pilihan untuk menjadikannya domain publik memberi tekanan pada pengguna, sebagai lawan perusahaan, dan web telah bergulat dengan pilihan sejak saat itu.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top