Tora Sudiro dan Istri Diamankan Polisi, Narkoba? | Berita Pilihan ... Pojok Sulsel - Pojok Satu730 × 355Search by image Mieke Amalia dan Tora Sudiro. Foto Instagram

Tora Sudiro dan Istri Diamankan Polisi, Narkoba? | Berita Pilihan … Pojok Sulsel – Pojok Satu730 × 355Search by image Mieke Amalia dan Tora Sudiro. Foto Instagram

Pasangan artis suami istri, Tora Sudio dan Mieke Amalia, ditangkap polisi di kediamannya di Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (3/8/2017). Dari kediamannya disita sebanyak 30 butir pil Dumolid. Tora dan Mieke mengatakan mengonsumsi obat itu karena susah tidur.

Dikutip dari situs hellosehat, Dumolid selain obat penenang, juga bisa membantu mempercepat datangnya kantuk. Namun belakangan obat ini termasuk yang sering disalahgunakan, antara lain untuk menggenjot konsentrasi dan kepercayaan.

Namun obat ini juga bisa menyebabkan ketergantungan hingga sakaw. Selain itu obat ini harus dengan resep dokter. Jika tidak maka termasuk penyalahgunaan. Seperti pernah diberitakan sebelumnya, obat ini juga disita dari tangan pedangdut Rido Roma dan aktor Restu Sinaga.

Polisi mengatakan, penangkapan Tora merupakan hasil pengembangan polisi atas penangkapan tersangka A di Kemang, Jakarta Selatan. “Pengakuannya karena susah tidur,” kata Kasat Narkoba Polres Jaksel, Kompol Vivick Tjangkung, Kamis (3/8/2017). (https://m.detik.com/news/berita/d-3585082/tora-sudiro-mieke-ngaku-konsumsi-dumolid-karena-susah-tidur).

Postcomended   Dengan Kaos Ngepas, Boss Telegram itu Datangi Indonesia

Sementara itu Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Purwanta, di Mapolres, Jakarta Selatan, pada hari yang sama mengatakan, menurut Tora, dumolid tersebut digunakan sebagai pil penenang dan untuk konsumsi pribadi.

Namun polisi kata Purwanta masih menunggu hasil uji laboratorium forensik dan tes urin. Kalau terbukti menyalahgunakan psikotropika, polisi bakal menjerat Tora dan istrinya dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2007 tentang Psikotropika.

Apa itu Dumolid? Hellosehat.com menulis, ada tren yang mulai berubah saat ini, yakni kecenderungan menyalahgunakan obat-obatan yang sebetulnya bukan murni golongan narkoba (misalnya heroin dan shabu). Salah satunya yang sedang naik daun adalah Dumolid

Untuk menciptakan sensasi berbeda, obat ini harus diminum bersama minuman bersoda, kopi, atau minuman energi. Hasilnya: konsentrasi dan kepercayaan diri meningkat.

Dan ketika Dumolid disalahgunakan bersama obat lain dan atau diminum bersama alkohol, efeknya bisa berupa koma atau bahkan kematian.

Postcomended   Rencana Full Day School Dibatalkan

Dumolid adalah nama merek dari obat generik Nitrazepam 5mg, termasuk ke dalam kelas obat Benzodiazepin, yakni golongan obat penenang. Nitrazepam termasuk ke dalam psikotropika golongan IV. Obat-obat golongan psikotropika seharusnya hanya bisa dikeluarkan dengan resep dokter.

Dumolid termasuk yang paling sering diresepkan untuk terapi jangka pendek guna mengobati gangguan tidur (insomnia) parah, kejang, gangguan kecemasan, dan depresi. Ketika seseorang tanpa resep mendapatkan dan mengonsumsi obat dumolid untuk mendapatkan efek penenangnya, penggunaan berubah menjadi penyalahgunaan.

Penyalahgunaan dan ketergantungan terjadi cukup umum dan sering dalam waktu 4-6 minggu setelah penggunaan pertama.

Nitrazepam 5 mg menimbulkan perasaan tenang dan relaksasi secara fisik dan mental. Zat ini menciptakan efek ketergantungan tingkat tinggi. Ini sudah terbukti tidak hanya pada mereka yang sengaja menyalahgunakannya, melainkan juga pada pasien yang diberikan resep secara ketat dan teratur.

Gejala yang paling sering dilaporkan setelah konsumsi obat dumolid adalah merasa lebih energik, santai, dan banyak bicara. Efek penurunan kewaspadaan dan “mati rasa secara emosional” inilah yang dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri pada penggunanya.

Postcomended   Konflik Qatar: Tak Ada Sapi Arab, Sapi Hongaria pun Jadi

Namun pada kondisi penggunaan lanjut, penggunanya bisa merasa seolah jiwa terlepas dari tubuhnya.

Ada risiko yang signifikan dari kejang, stroke, serangan jantung, atau halusinasi jika berhenti mengonsumsi Dumolid secara tiba-tiba setelah begitu lama mengalami ketergantungan.***(ra)