Internasional

30 Juni dalam Sejarah: Tiga Kosmonot Soyuz-11 Pulang Tanpa Nyawa

Kru Soyuz 11: Georgi Dobrovolski (kiri bawah), Vladislav Volkov (kanan) dan Viktor Patsayev (kiri atas)  –spacesafetymagazine.com

Pada tanggal ini tahun 1971, tiga kosmonot Soyuz 11, Georgi Dobrovolski, Viktor Patsayev, dan Vladislav Volkov, mencapai Bumi kembali dalam keadaan tanpa nyawa hanya 30 menit sebelum mendarat. Proses kematian mereka hanya memakan kurang dari satu menit, namun menyiksa.Pada 7 Juni 1971, Soyuz 11 berlabuh di stasiun ruang angkasa Salyut 1 untuk masa tinggal 22 hari. Untuk tiga minggu itu, mereka melakukan sejumlah eksperimen ilmiah, termasuk mengukur reaksi manusia terhadap kondisi tanpa bobot berkepanjangan.

Postcomended   19 Oktober dalam Sejarah: Obat Tuberkulosis Ditemukan, Diwarnai Kontroversi Penemunya

Saat misi selesai, mereka bersiap untuk kembali ke Bumi. Tiga puluh menit sebelum mendarat, Soyuz 11 meninggalkan orbit dan menuju lintasan menurunnya.

Tiba-tiba, katup kritisnya meledak, dan kapsul merpati pesawat luar angkasa ini mengalami tekanan. Ketika cadangan oksigen tersedot habis keluar di angkasa, para kosmonot terpukul dekompresi tinggi di ketinggian.

Mereka tewas dalam waktu kurang dari satu menit, namun dengan proses menyakitkan. Ini terlihat dari hasil otopsi Rumah Sakit Militer Burdenko terhadap ketiga jenazah kosmonot tersebut.

Hasil otopsi menyebutkan, dalam waktu 60 detik itu, para kosmonot mengalami pendarahan otak, perdarahan subkutan, gendang telinga rusak, dan pendarahan di telinga bagian tengah. Ketiga kosmonot ini diduga akan selamat jika mereka memakai pakaian luar angkasa.

Postcomended   16 Juli dalam Sejarah: Hari Ini, Seabad Sejak Tsar Nikolai dan Keluarga Dieksekusi

Soyuz 11 Rusia mungkin paling dikenal sebagai misi pertama untuk merapat di stasiun luar angkasa Salyut 1. Tragisnya, proyek Soyuz 11 juga dikenal sebagai misi pertama dan satu-satunya sejauh ini yang menghasilkan kematian manusia di luar angkasa.(***/listverse)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top