Internasional

4 Oktober dalam Sejarah: Kereta yang Menjadi latar Novel Agatha Christie, Diluncurkan

Rangkaian modern kereta The Venice Simplon Orient-Express (sumber foto: https://www.oldliquorsmagazine.com/wp-content/uploads/2017/10/the-Venice-Simplon-Orient-Express-800px.jpg)

Rangkaian modern kereta The Venice Simplon Orient-Express (sumber foto: https://www.oldliquorsmagazine.com/wp-content/uploads/2017/10/the-Venice-Simplon-Orient-Express-800px.jpg)

Pada tanggal ini tahun 2011, Departemen Luar Negeri AS menyatakan Abu Bakr al-Baghdadi, pimpinan ISIS, sebagai “teroris global”, dan disayembarakan 10 juta dollar AS bagi yang bias menunjukkan tempat persembunyiannya. Pada 2006, situs pembocor rahasia yang digerap dengan system keroyokan, WikiLeaks, diirikan oleh aktivis internet, Julian Assange. Di akhir abad ke-19, kereta uap yang banyak menginspirasi sejumlah novel dan film, diluncurkan.

Tahun 1920-1930-an adalah masa kejayaan kereta legendaris ini. Makanan yang terperinci, anggur berkualitas, dan perusahaan yang mengalami kemerosotan, menandai era perjalanan kereta api ini. Bangsawan, selebritas, pelacur, dan mata-mata, bisa bercampur di dalamnya sekaligus dalam balutan kereta termewah se-Eropa ini, menjadi makanan empuk bagi Agatha Christie, seorang novelis kondang zaman baheula, untuk menciptakan salah satu karyanya yang paling terkenal: “Pembunuhan di Orient-Express”.

Detektif andalannya, Hercule Poirot, menyelidiki pembunuhan seorang penumpang di kereta tersebut. Menurut laman railsnw.com, film Hollywood yang dibintangi  Albert Finney sebagai Poirot ini, difilmkan di atas kereta dan gerbong replika di sebuah studio.

Postcomended   13 Juli dalam Sejarah: Pemerintahan Darurat Republik Indonesia yang Dipimpin Sjafruddin Prawiranegara Berakhir

Dioperasikan pertama kali pada tanggal ini, tahun 1883, mengukir rute perdananya dari Paris ke Guirigi, Rumania; dan melewati Strasbourg, Wina, Budapest, dan Bucharest. Pada 1921, dikutip laman National Geographic, perjalanan Paris-Istanbul diresmikan, dengan kini hanya membuat satu perjalanan ke Istanbul, yakni pada bulan September.

Sepanjang operasinya, kereta ini telah melalui berbagai insiden mulai dibom, ditembak, dan terdampar di salju. The Venice Simplon-Orient-Express –bukan Orient Express yang merujuk pada satu kereta berbeda seperti disebutkan laman seat61.com– adalah kecanggihan sekaligus kenyamanan kelas atas yang bisa ditemui di masa abad ke-19 maupun sekarang.

Untuk diketahui, gerbong-gerbong The Venice Simplon-Orient-Express, kini sepenuhnya diperbaharui untuk meniru fitur asli, meskipun ada fasilitas modern yang ditambahkan. General Manager dari Venice Simplon-Orient-Express, Pascal Deyrolle, mengatakan, seperti dilansir laman luxurytrainclub, makan malam, seperti tahun 1920-an, bagaikan teater. Orang-orang datang ke sini untuk mencari suasana. Anda akan mendapatkan pelayanan sangat mirip dengan kehidupan aristokrat di masa lalu.”

Postcomended   7 September dalam Sejarah: Bayi Prematur Pertama Dimasukkan dalam Inkubator

Tidak ada kereta lain yang dikelola dengan penuh cinta sebagai pewaris yang layak dari suatu legenda selain The Venice Simplon-Orient Express. Romansa, petualangan, dan misteri masa lalu semuanya terikat erat dalam perjalanan mengunjungi beberapa kota kontinental yang paling memikat.***

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top