dinosaur-straw-sculptures-wara-art-festival-niigata-japan-1

Patung dino jerami yang bikin Prefektur Niigata dikenal dunia (kredit foto: amymauscd)

Orang Jepang dengan kemakmurannya selalu memiliki energi lebih untuk melakukan hal lain di luar yang biasa dilakukan. Kreatifitas mereka bahkan akhirnya memancing kedatangan wisatawan, seperti halnya yang terjadi di Prefektur Niigata. 

dinosaur-straw-sculptures-wara-art-festival-niigata-japan-13

kredit foto: yuko_vitzksp90

Seusai panen padi di setiap bulan Agustus, Prefektur Niigata, Jepang, bakal kelimpahan jerami hasil panen. Mereka kemudian memikirkan cara bagaimana memanfaatkan jerami berton-ton itu.

dinosaur-straw-sculptures-wara-art-festival-niigata-japan-2

kredit foto: amymauscd

Postcomended   Malala Desak Sejawatnya Sesama Peraih Nobel agar Kutuk Kekerasan pada Rohingya

Ide kemudian berkembang tak hanya membuat dino jerami, melainkan juga karakter binatang lain seperti gorila, buaya, kerbau, badak, dll, hingga akhirnya Wara Art aejak 2008 menjadi festival yang viral di internet.

dinosaur-straw-sculptures-wara-art-festival-niigata-japan-8

kredit foto: agedashi0210

Kehebatan seniman-seniman lokal ini karena mereka membangun patung jerami yang rumit di atas bingkai kayu. Kerumitan ini membuat lekuk tubuh patung jerami ini menjadi terlihat sangat natural.

Jerami tak hanya diikat ke bingkai kayu, tapi juga dikepang dengan sangat rapi terutama untuk membentuk bagian mata, tanduk, atau hidung.

kredit foto: Wara Art Matsuri

Kini Festival Wara menjadi acara tahunan yang dihelat Prefektur Niigata setiap 31 Agustus. Lokasi tepatnya adalah di Taman Uwasekigata, Kota Niigata, Nishikan Ward. Patung-patung jerami ini masih akan berdiri hinggadi awal November. (***/dainius/boredpanda)

藁がのりはじめました! #わらアート#わらアートまつり

A post shared by Wara Art | わらアートまつり (@wara.art) on