Arcandra Tahar dan Kisah Krisis Ekonomi yang Membuat Dia Tidak ... Tribun Batam - Tribunnews.com700 × 393Search by image Arcandra Tahar dan Kisah Krisis Ekonomi yang Membuat Dia Tidak Bisa Pulang dari Amerika Serikat

Arcandra Tahar dan Kisah Krisis Ekonomi yang Membuat Dia Tidak … Tribun Batam – Tribunnews.com700 × 393Search by image Arcandra Tahar dan Kisah Krisis Ekonomi yang Membuat Dia Tidak Bisa Pulang dari Amerika Serikat

Fenomena Archandra Tahar, boleh jadi cukup menohok dunia pendidikan Indonesia. Berotak jenius, namun malah bekerja di luar negeri sampai negeri Paman Sam sudi memberinya kewarganegaraan Amerika Serikat (AS). Lebih ngenes lagi karena Archandra adalah penerima beasiswa yang didanai BUMN (PT Timah). Agar kasus semacam Archandra tidak menggejala, Kementerian PAN/RB sedang menggodok aturan agar diaspora mau pulang ke Tanah Air.

Hal  ini terutama terkait mahasiswa yang kuliah di luar negeri dengan dibiayai program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang dikelola Kementerian Keuangan.

Postcomended   "Genosida Intelektual" Telah Menjegal Rencana Besar Bung Karno untuk 1980-an

“Setelah lulus mereka bekerja dan mengimplementasikan ilmunya di luar negeri, kami sedang mencari terobosan agar mereka mau kembali ke Indonesia,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN/RB), Asman Abnur, Jumat (13/10/2017), seperti dilansir Antara.

Saat ini kata Asman, cukup banyak mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di 100 perguruan tinggi ternama di dunia. Tapi begitu kuliahnya selesai, imbuh Asman, banyak yang tidak pulang dan memilih bekerja di luar negeri.

Postcomended   "Genosida Intelektual" Telah Menjegal Rencana Besar Bung Karno untuk 1980-an

“Kami akan rombak sistemnya yang selama ini menyulitkan para diaspora tersebut untuk pulang,” katanya di satu seminar di Padang.

Asman mengatakan, pihaknya bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan mengundang para perantau di luar negeri yang tidak mau pulang itu.

Seperti diketahui, Arcandra Tahar, yang berkarir di AS, sempat diberhentikan dari jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, dengan alasan kewarganegaraan gandanya: Indonesia dan AS. Status Archandra ini berhasil diungkap anggota DPR.

Postcomended   "Genosida Intelektual" Telah Menjegal Rencana Besar Bung Karno untuk 1980-an

Beberapa bulan kemudian, setelah melepas kewarganegaraan AS-nya dan meninggalkan gaji miliaran rupiah di negeri tersebut, Archandra masuk lagi ke dalam kabinet rezim Presiden Jokowi namun hanya menjabat Wakil Menteri BUMN, di bawah Menteri Ignasius Jonan. ***