Keren! Permainan Monopoli Sekarang Udah Engga Butuh Bankir Lagi ... Genmuda.com950 × 534Search by image Permainan Monopoli Sekarang Udah Engga Butuh Bankir Lagi

Keren! Permainan Monopoli Sekarang Udah Engga Butuh Bankir Lagi … Genmuda.com950 × 534Search by image Permainan Monopoli Sekarang Udah Engga Butuh Bankir Lagi

Hari ini tahun 1935, Parker Bersaudara mengeluarkan permainan Monopoli, demikian Wikipedia. Parker Bersaudara membelinya dari seseorang bernama Darrow seharga 7.000 dolar AS, atau setara 121 ribu dolar AS saat ini. Darrow adalah seorang pemuda pengangguran yang mengaku-aku bahwa dialah yang menciptakan permainan papan monopoli. Padahal pencipta permainan ini adalah seorang wanita yang ayahnya seorang yang anti minopoli.Monopoli pada awalnya dirancang untuk memperingatkan bahaya kapitalisme, namun akhirnya malah merayakan menjadi kaya raya.

Versi pertama dari permainan papan ini adalah bernama The Landlord’s Game. Tujuannya justru untuk menunjukkan ketidakadilan kepemilikan properti pribadi.

The Landlord’s Game diciptakan pada 1902 oleh Elizabeth Magie yang percaya pada perpajakan yang lebih adil dan menginginkan satu pajak atas kepemilikan tanah untuk menggantikan semua pajak lainnya. Dia pikir sangat tidak adil bahwa tuan tanah meraup keuntungan dengan pasif.

Permainan The Landlord’s Game pada dasarnya adalah satire (sindiran). Maggie berpikir bahwa ketika orang-orang memainkannya mereka akan “melihat dengan jelas ketidakadilan besar dari sistem lahan”. Namun Maggie salah.

Dalam versi aslinya pemain menggunakan uang kertas untuk membeli utilitas dan properti, sama seperti game modern. Tapi alih-alih melewati “Go” dan mengumpulkan 200 dolar, Anda melewati sebuah kotak bertuliskan “Buruh di atas Ibu Bumi menghasilkan upah” dan mendapat 100 dolar.

Magie mematenkan The Landlord’s Game pada 1904 dan melakukan pendekatan pada pembuat permainan papan atas, Parker Bros. Tapi mereka tidak menerimanya karena menganggap permainan bikinan Maggie itu terlalu rumit. Seiring waktu, Magie pun melupakannya.

Namun rupanya permainan The Landlord’s Game diam-diam menyebar ke seluruh negeri, namun orang-orang membuat versi mereka sendiri menggunakan kertas. Hingga akhirnya takdir menemukan jalannya ke Charles Darrow di Philadelphia pada 1933.

Darrow mengetahui permainan itu dari temannya, Charles Todd, dan segera mencuri ide permainan itu dengan menambahkan beberapa warna ke papan permainan dan menyarankan orang menggunakan benda-benda rumah tangga kecil sebagai token bermain. Lalu Darrow mengabarkan permainan itu sebagai miliknya.

Selama 1930-an dia mulai menjual papan permainan itu dengan mantap di toko-toko seperti F.A.O. Schwarz, hingga kemudian permainan itu sampai lagi ke Parker Bersaudara. Tahun1935, Parker Brothers memutuskan untuk membelinya dari Darrow seharga 7.000 dolar (setara 121.000 dolar saat ini).

Parker Bersaudara menambahkan potongan-potongan seperti sepatu, topi top dan besi, kartu Chance and Community Chest, dan karakter kartun yang disebut Mr Monopoli, yang akhirnya menelurkan nama baru permainan tersebut, Monopoly.

Parker Bersaudara mencoba mematenkan permainan itu, namun sadar bahwa Darrow sebenarnya bukan pemiliknya. Mereka harus membayar 10.000 dolar kepada Daniel Lyman yang telah mematenkan versinya sendiri yang disebut “Finance”.

Mereka lalu melacak Magie, yang tinggal di Arlington, Virginia, dan membayar 500 dolar dengan sebuah komitmen agar mereka bisa membuat versi dari Landlord’s Game. Sementara itu Darrow telah menghasilkan jutaan dolar, bahkan setelah Parker Bersaudara mengurangi royaltinya.(***/dailymail)