6 Juli dalam Sejarah: Louis Pasteur Berhasil Menguji Vaksin Rabies pada Manusia

Internasional Lifestyle
Share the knowledge

A painting of French scientist Louis Pasteur at work circa 1880 (sumber: Daily Telegraph)

Pada tanggal ini tahun 1885, Louis Pasteur menguji vaksin rabies kepada subjek manusia, yakni Joseph Meister, bocah laki-laki berusia 9 tahun yang diserang anjing gila. Uji coba pertama ini sangat berbahaya bagi karir Pasteur karena dia bukan dokter.

Untunglah uji coba berhasil. Bocah itu selamat dan terhindari dari tertular rabies. Alih-alih dituntut, Pasteur malah didapuk menjadi pahlawan nasional, bahkan internasional.

Pasteur adalah seorang ahli kimia dan ahli biologi Perancis. Dia mulai mempelajari bakteri dengan saksama saat menyelidiki penyebab susu dan minuman lainnya menjadi basi.

Hal ini mendorongnya untuk mengembangkan proses pasteurisasi, di mana cairan direbus dan kemudian didinginkan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan basi.

Postcomended   Taylor Swift dan The Beatles pun Menyerah kepada Spotify

Keberhasilan ini mendorong Pasteur ke dalam studi yang lebih menyeluruh tentang bakteri, memungkinkan dia untuk membuktikan bahwa organisme mikroskopis ini terjadi secara alami di lingkungan dan tidak hanya muncul secara spontan, seperti yang umumnya diyakini.

Sebagai direktur studi ilmiah di Ecole Normale di Paris, Pasteur mengejar teorinya tentang kuman, yang mengemukakan bahwa kuman menyerang tubuh dari luar.

Terbukti benar, temuannya menyebabkan vaksinasi dikembangkan untuk banyak penyakit yang disebabkan kuman, termasuk antraks, tuberkulosis, kolera, dan cacar. Inillah yang mengarahkannya pada penelitian lebih lanjut tentang rabies, yang jauh lebih umum terjadi di era Pasteur daripada sekarang.

Postcomended   Cucu Ratu Elizabeth Resmi Menikahi Pedagang Anggur

Dia mengembangkan vaksin rabies dengan menumbuhkan virus pada kelinci, kemudian mengeringkan jaringan saraf yang terkena untuk melemahkan virus. Hari ini umat manusia juga mengenal Pasteur dalam produk-produk dengan label “pasteurized” atau pasteurisasi. (***/wired/onthisday)


Share the knowledge

Leave a Reply