Ekonomi

6000-an Lagi Produk Cina Bakal Ditarif oleh Trump, Termasuk Kasur dan Bir

BBC

Administrasi Trump akan melepaskan senjata pamungkasnya dalam perang dagang dengan Cina. Mereka berencana menerapkan tarif kepada lebih dari 6.000 produk Cina. Nilainya tak tanggung-tanggung: ribuan triliun rupiah.Ke-6.000 lebih produk Cina ini disebut senilai 200 miliar dolar AS (setara Rp 2.800 triliun) yang dianggap pemerintah Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, memenuhi syarat untuk diberi tarif 10%. Daftar 6000-an produk asal Cina ini disebut tertera dalam 195 halaman.

Sejumlah kategori produk tumpang tindih dengan yang ditargetkan pada putaran pertama tarif AS pada barang senilai 34 miliar dolar AS yang mulai berlaku minggu lalu.

Tetapi, seperti dilaporkan laman Business Insider, daftar baru ini sangat mengesankan baik dalam hal detail maupun ruang lingkup, dikategorikan oleh daftar sub-indeks ekstensif yang selaras dengan protokol Organisasi Perdagangan Dunia, WTO.

Postcomended   Lagi, Paus Fransiskus Sibuk Memecat Ulama-ulama Cabul

Dalam daftar tersebut ada nama-nama produk makanan dan minuman yang memenuhi sekitar 30 halaman. Ada pula produk kimia, elektronik, dan daftar sejumlah besar kain.

Berikutnya, ada barang-barang logam dan mesin, sebelum kemudian pada daftar itu bermunculan nama-nama berbagai macam perabotan dan produk antik.

Jika dirinci, sebagai berikut:
1. Makanan dan minuman: makanan laut, produk susu, gandum-ganduman, kacang-kacangan, buah-buahan kering, jus buah, air mineral, serta produk bir dan anggur.
2. Bahan kimia: produk berbasis kimia dan konsentrat yang tampaknya terdiri dari sejumlah besar unsure yang ada dalam tabel periodik.
3. Elektronik: berbagai peralatan listrik rumah tangga, senter, lampu, oven, microwave, televisi, dan radio.
4. Kain: kulit, tas perjalanan, produk bulu, wol, kapas, serat sintetis, tekstil, produk tenunan dan rajutan.
5. Logam dan mesin: logam mulia, campuran, bijih besi dan produk baja, tembaga, nikel, seng, timah, alat yang dapat dipertukarkan, mesin pembakaran, unit pendingin udara, jack hyrdolic, crane, dan pipa.
6. Kendaraan: sepeda, traktor, trailer, mobil, suku cadang mobil, dan kapal (perahu).
7. Furniture dan barang antik: kursi, sofa, kasur, meja, lukisan, patung asli.
8. Barang antik dari usia yang melebihi seratus tahun.***

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top