7 Fakta Unik Perang Salib yang Jarang Diketahui Banyak Orang

7 Fakta Unik Perang Salib yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Internasional Opini
Share the knowledge

Salah satu kejadian yang menjadi sejarah tak terlupakan dalam peradaban manusia di bumi adalah peristiwa perang salib. Perang salib dalam bahasa Inggris diterjemahkan dengan crusade warCrusade dalam bahasa Inggris maknanya adalah pembantaian. Karena memang dalam peristiwa tersebut, hampir 30.000 penduduk Al-Quds dibantai oleh pasukan salib. Perang salib terjadi pada tahun 1095 sampai 1291. Perang salib terjadi akibat pembangkangan kaum Kristen Eropa atas kekhalifahan Abbasiyah (750-1258). Pada 25 November 1095 Paus Urbanus II menyerukan untuk melakukan pembangkangan dengan melakukan penyerangan ke Al Quds (Yarusaalem). Setelah 87 tahun menguasai Yarussalem, umat muslim melalui Shalahuddin Al Ayyubi berhasil membebaskan Al Quds dari pasukan salib. Selama perang saling, ternyata ada beberapa fakta unik yang jarang diketahui orang. Penasaran? baca beberapa daftar dibawah ini.

Raja Inggris Tidak Bisa Bahasa Inggris

theinquisitiveloon.com
theinquisitiveloon.com

Salah satu orang yang berpengaruh ketika perang salib adalah Richard the Lion Heart raja Inggris kala itu. Walaupun ia adalah raja Inggris, lucunya Richard tidak bisa berbahasa Inggris sama sekali. Itu karena memang Richard dari kecil telah tinggal di Perancis, ia hanya numpang lahir di Inggris. Bahkan konon katanya, Richard lebih mahir bahasa Arab daripada bahasa Inggris.

Postcomended   Aksi Presiden Prancis Masuk ke Kapal Selam, Pukau Netizen

Julukan Barbarian

skylandgames.wordpress.com
skylandgames.wordpress.com

Bagi orang Eropa, muslim dijuluki dengan barbarian. Namun lambat laun karena seringnya mereka bertemu dalam perang, akhirnya mereka sadar, bahwa yang sifatnya barbar adalah mereka sendiri. Hal itu didasarkan pada tingginya peradaban budaya dan ilmu kaum muslim ketika itu.

Tukang Cuci Istimewa

faktateruniksay.blogspot.com
faktateruniksay.blogspot.com

Menurut catatan para sejarawan, pada saat perang salib berlangsung. Para crusader haruslah suci secara jasmaniah dan bebas dari hawa nafsu. Sehingga seluruh wanita tidak dibolehkan berada dalam perkemahan para crusader. Namun ada kumpulan wanita bisa keluar masuk kemah, mereka adalah para petugas pencuci baju. Saking pentingnya, mereka selalu dijaga pasukan knight dan infantri. Jika terjadi peperangan maka keselamatan mereka menjadi prioritas nomor 1.

Kota Sewaan

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Ketika raja Frederick II mengambil bagian dalam perang salib, ia berhasil merebut Jerusalem, Bethlehem, dan Nazareth tanpa menitiskan satu tetespun darah. Mengapa bisa begitu? ternyata usus punya usut, Frederick II ternyata menyewa ketiga kota tersebut dari sahabatnya si Sultan Malik dari Mesir.

Munculnya Perayaan Maulid Nabi

dakwahmakassar.wordpress.com
dakwahmakassar.wordpress.com

Pada masa itu kaum muslimin dihinggapi penyakit wahn (cinta dunia dan takut mati) sehingga Shalahuddin menggagas sebuah perayaan yang diberi nama maulid Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam. Tujuan utamanya adalah untuk membangkitkan semangat perjuangan kaum muslimin. Pada perayaan tersebut, dikaji secara besar besaran tentang sirah nabawiyah dan atsar (perkataan) para sahabat terutama yang berkaitan dengan nilai-nilai jihad. Perayaan tersebut berlangsung 2 bulan lamanya. Hasilnya banyak kaum muda muslimin yang mendaftar ke pendidikan militer dan siap untuk berjihad membebaskan Al-Quds.

Peraturan yang Tidak Pernah Dilanggar

www.vardentech.com
www.vardentech.com

Dalam sebuah perang biasanya ada beberapa aturan yang disepakati oleh kedua pihak. Namun kadang kala ada salah satu pihak yang melanggar peraturan yang ada. Pada perang salib yang berlangsung hampir 2 abad lamanya ada sebuah peraturan yang tidak pernah dilanggar oleh pihak Muslim maupun Nasrani. Peraturan tersebut adalah fakta nobility atau hukum chivalry. Peraturan tersebut mengatakan bahwa raja tidak boleh membunuh sesama raja, terutama ketika tertawan. Salah satu etika yang dijalankan oleh knight dan para bangsawan adalah mereka tidak boleh membunuh keturunan bangsawan yang menyerah. Namun peraturan tersebut tidak berlaku pada pasukan khusus seperti templar, hospitaller dan teutonic. Peraturan tentang larangan membunuh sesama raja dalam budaya arab sudah lama diterapkan. Ketika Saladin menangkap Guy of Lusignan, ia tidak membunuh raja Kerajaan Latin tersebut.

Postcomended   17 Oktober dalam Sejarah: Tepuk Tangan Warnai Lolosnya Resolusi "Zionisme adalah Rasisme"

Raja Tukang Absen

purplecookiejar.blogspot.com
purplecookiejar.blogspot.com

Tidak hanya mahasiswa atau murid sekolah, ternyata ada raja yang dijuluki tukang absen. Ia adalah Raja Richard raja Inggris kala itu. Dalam masa pemerintahaanya, ia hanya berada di Inggris selama 11 bulan, bahkan permaisurinya Queen Berengaria of Navarre malah tidak pernah tinggal di Inggris sama sekali. Karena jarang sekali berada di Inggris, Richard akhirnya mendapat julukan The Absent King.


Share the knowledge

Leave a Reply

Specify Instagram App ID and Instagram App Secret in Super Socializer > Social Login section in admin panel for Instagram Login to work