Guyana Chronicle

Pada tanggal ini, 1949, Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo memproklamasikan Negara Islam Indonesia di Tasikmalaya; mengawali pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia. Saat ditangkap pada 1962, Sukarno harus mengambil keputusan berat untuk mengeksekusi sahabatnya ini. Abad ke-17 menyisakan kisah ketika seorang astronom yang kini namanya dihormati, berupaya menyelamatkan ibunya dari dibakar hidup-hidup. Pada tanggal ini, 1620, sang ibu ditangkap dengan tuduhan praktik sihir.

Dilansir laman Oxygen, Pada 1615, Lutherus Einhorn, seorang Vogt (semacam kepala daerah) dari kota Leonberg, memrakarsai pengadilan penyihir setelah menuduh 15 orang wanita mempraktikkan sihir. Delapan dari mereka, dieksekusi.

Dia juga mengeluarkan perintah penangkapan kepada ibu Johanes Kepler, Katharina (68), pada tahun yang sama setelah seorang wanita bernama Ursula Reinbold menuduh Katharina memberinya ramuan setelah bertengkar. Ramuan itu diduga membuatnya sakit.

Katharina yang buta huruf, juga dituduh membunuh hewan dan mengubah dirinya sendiri menjadi kucing. Johannes Kepler membela ibunya sendiri selama persidangan. Dia sering meninggalkan pekerjaannya untuk mendukung ibunya.

Postcomended   20 Juli dalam Sejarah: Edema Otak Membuat Bruce Lee Menyerah pada Hidup

Kepler adalah astronomer yang menemukan bahwa planet bergerak dalam bentuk elips. Dia juga merupakan penemu hukum utama gerak planet, yang menggambarkan bagaimana planet mengorbit matahari.

Dikutip laman Historyextra, penulis Ulinka Rublack dalam buku “The Astronomer and the Witch”, mengungkapkan bagaimana Kepler menyelamatkan ibunya dari dibakar sebagai seorang penyihir. Dengan menggunakan dokumen persidangan asli, Rublack di buku itu menghidupkan kisah komunitas Lutheran kecil di pusat Eropa pada masa pergolakan agama dan politik yang mendalam – satu abad setelah Reformasi, dan di ambang Perang Tiga Puluh Tahun.

Menurut Oxygen, suatu hari pada 1616, Kepler membawa ibunya pergi ke Linz, Jerman, untuk menghindari penangkapannya. Namun empat tahun kemudian, saat kembali ke Leonberg pada 7 Agustus, Katharina ditangkap. Dia menyangkal keras tuduhan itu

Postcomended   4 Juli dalam Sejarah: Sukarno dkk Mendirikan Partai Politik Pertama yang Membuat Belanda Kebakaran Janggut

Namun kemudian dia divonis bersalah dan dipenjara selama satu tahun dua bulan dengan diikat rantai besi yang menjuntai hingga ke lantai sel, serta mendapat penyiksaan. Kepler memang akhirnya berhasil membebaskannya dari penjara pada Oktober 1621. Namun kata Rublack, saat dibebaskan dia begitu lemah sehingga dia meninggal beberapa bulan kemudian.

Perburuan penyihir merajalela di Eropa selama abad ke-16 dan ke-17. Diyakini bahwa antara 1500-1700, sebanyak 73.000 orang diadili karena sihir dengan 40-50 ribu orang dieksekusi dengan tuduhan sebagai penyihir. Lebih dari 75 persen dari mereka yang dituduh adalah perempuan.

Sebagai anak dari seorang yang dituduh penyihir, dikisahkan Rublack, mau tak mau itu mempengaruhi karir Kepler. Banyak yang bertanya-tanya, apakah Kepler dibesarkan untuk menyembah tuhan atau iblis.

Padahal pada tahun-tahun ibunya dituduh penyihir, dia sedang berada di puncak karirnya. Dia sedang dipenuhi dengan keyakinan luar biasa dalam kemampuan uniknya untuk memahami alam semesta. (***/oxygen/historyextra)

Postcomended   5 Oktober dalam Sejarah: Revolusi Beberapa Tahun Runtuhkan Monarki Absolut Prancis Berabad-abad

 

Share the knowledge