kertas karbon dan salinannya (sumber foto: https://www.scoopnest.com/es/user/ComaConComilla/784311766536773632-7-10-1806-ralph-wedgwood-presenta-la-primera-patente-del-papel-carbon-lo-definio-como-aparato-para-realizar-dupl)

Kertas karbon dan salinannya (sumber foto: https://www.scoopnest.com/es/user/ComaConComilla/784311766536773632-7-10-1806-ralph-wedgwood-presenta-la-primera-patente-del-papel-carbon-lo-definio-como-aparato-para-realizar-dupl)

Pada tanggal ini tahun 1993, minoritas Muslim di Xining, Cina, melakukan demonstrasi besar-besaran memprotes kartun yang dianggap menghina mereka sebagai Muslim; 12 terbunuh. Pada 1944, penghuni kamp konsentrasi Auschwitz-Birkenau melakukan pemberontakan dengan membakar krematorium. Pada 1806, kertas karbon dipatenkan oleh penemunya yang selama hidupnya kurang mendapatkan pengakuan.
Sebelum teknologi mesin fotokopi mengambil alih, semua dokumen yang ingin diperbanyak atau disalin secara praktis pasti menggunakan kertas karbon. Meskipun sudah semakin berkurang, namun sejumlah kegiatan masih menggunakannya, misalnya untuk menyalin bon pembelian, dan sejenisnya.

Pemilik paten kertas karbon adalah seorang Inggris bernama Ralp Wedgwood (1766-1837). Wedgwood dikenal sebagai seorang pembuat tembikar dan inventor. Dia membuat kontribusi penting untuk industri keramik melalui pengenalan pelapisan keramik dengan aliran boraks.

Profesinya sebagai pembuat tembikar yang akrab dengan proses pelapisan keramik, membuatnya sampai pada penemuan metode untuk menyalin tulisan dan gambar menggunakan kertas karbon. Temuannya yang kemudian digunakan dimana-mana ini segera dipatenkan pada 7 Oktober 1806.

Postcomended   Pemimpin ISIS Dikabarkan Masih Hidup!

Agar temuannya ini dapat diproduksi masal. kerabatnya, Josiah Wedgwood II, memberikan pinjaman sebesar 200 poundsterling. Keberhasilannya dapat diukur dengan perkiraan ayah Ralph, Thomas Wedgwood, bahwa dalam tujuh tahun pertama telah menghasilkan laba hingga 10.000 poundsterling.

Dia juga memiliki cita-cita menulis di tempat-tempat lain yang jauh dengan satu tindakan saja pada saat hampir bersamaan yang menunjukkan bahwa dia telah memiliki sejumkah ide menirip kawat (telegraf).

Pada 1824, dia berhasil membela putrinya dari tuduhan pencurian. Sebuah “buku” gambar temuannya yang menggunakan daun transparan, yang digandakan oleh kertas berkarbon, digunakan untuk menunjukkan bukti palsu yang diberikan kepadanya.

Postcomended   10 November dalam Sejarah: Pertempuran Terhebat Setelah Perang Dunia II Berakhir, Terjadi di Surabaya

Ralph adalah pebisnis miskin. Dalam jangka panjang dia menerima remunerasi atau pengakuan yang sedikit untuk beberapa penemuannya, yang beberapa di antaranya berhasil dikembangkan oleh orang lain.***

Share the knowledge