Ekonomi

8 Agustus dalam Sejarah: Cornflakes Ditemukan dalam Sebuah Eksperimen Diet Ketat

Sites at Penn State

Pada tanggal ini tahun 1969, grup band The Beatles melakukan pengambilan gambar di satu zebra cross di London untuk sampul album paling terkenal dalam sejarah dunia rekaman, “Abbey Road”. Pada 1967 di tanggal sama, lima negara Asia Tenggara: Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand membentuk ASEAN. Bagaimana sejarah cornflakes? Yakni ketika hari ini, 1898, Kellogs bersaudara melakukan eksperimen untuk program diet ketat vegetarian.

Pada tahun 1894, Dr. John Harvey Kellogg, inspektur The Battle Creek Sanitarium di Michigan, Amerika Serikat (AS) yang adalah seorang seorang penganut Advent, menggunakan resep ini sebagai bagian dari aturan diet vegetarian yang ketat untuk pasiennya.

Pada 8 Agustus 1894, dia dan adik laki-lakinya, Will Keith Kellogg, memutuskan untuk memroses sejumlah gandum (wheat) yang dimasak dengan memaksanya menggunakan alat penggulung, berharap mendapatkan lembaran adonan panjang.

Postcomended   17 November dalam Sejarah: Britney Spears Termuda Raih "Walk of Fame", Charlie Sheen Mengaku Positif HIV

Hasilnya proses itu mengejutkan mereka. Mereka mendapati adonan menjadi serpihan, yang kemudian mereka panggang dan disajikan kepada pasien mereka. Mereka kemudian mematenkan produk itu pada 14 April 1896. Sejak itu, Kellog bersaudara bereksperimen dengan berbagai jenis biji-bijian lainnya selain gandum wheat, juga gandum oat, beras, barley, dan jagung.

Pada 1906, Will Kellogg, yang menjabat sebagai manajer bisnis sanitarium, mencoba memasarkan makanan baru secara massal. Di perusahaan barunya, Perusahaan Penciptaan Tepung Jagung Battle Creek, yang didirikan pada 19 Februari 1906, ia menambahkan gula ke dalam adonan cornflakes mereka untuk membuatnya lebih enak.

Produk ini dikeluarkan dengan nama “Sanitas Toasted Corn Flakes”. Upaya komersial ini sempat menyebabkan keretakan hubungan dengan saudaranya.

Postcomended   1 November dalam Sejarah: Mustafa Kemal Ataturk Mengakhiri Kekaisaran Ottoman

Pada 1909, ketika produk sereal Kellog mulai diminati, Will mulai menggunakan gimik-gimik agar produknya semakin diminati, seperti misalnya pembeli bias mendapatkan bonus buklet film dengan membeli dua kotak sereal Kellogg’s.

Pada saat yang sama, Kellogg mulai bereksperimen dengan sereal gandum baru untuk memperluas lini produknya. Rice Krispies, adalah hit hebat berikutnya. Produk ini pertama kali mulai dijual pada 1928.

Pada 2012, Kellogg’s menjadi perusahaan makanan ringan terbesar kedua di dunia dengan mengakuisisi merek keripik kentang Pringles dari Procter & Gamble (P&G).(***/firstversions)

 

 

 

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top