https://www.universetoday.com/wp-content/uploads/2009/12/galileo-e1435358932718.jpg

Hari ini, 1641, astronom Italia, Galileo Galilei, meninggal di Italia pada usia 77. Lahir 15 Februari 1564, Galileo telah disebut sebagai Bapak astronomi modern, Bapak fisika modern, dan Bapak sains, karena penemuan-penemuan revolusionernya. Akibat temuannya yang menggegerkan gereja Katolik, dia dihukum penjara seumur hidup.

Galileo adalah orang pertama yang menggunakan teleskop untuk mengamati langit. Dengan teleskopnya, Galileo menemukan bulan yang merotasi Planet Jupiter, cincin pada Planet Saturnus, bintik Matahari, dan bahwa matahari berotasi (berputar pada porosnya sendiri).

Setelah Galileo mengumumkan konfirmasinya bahwa Bumi mengorbit Matahari, yang mendukung sistem Copernicus, dia dikenai tuduhan sesat oleh Inkuisisi, badan hukum gereja Katolik.

Gagasan Galileo itu dianggap bertentangan dengan ajaran gereja Katolik kala itu. Pemikirannya tentang Matahari sebagai pusat tata surya bertentangan dengan ajaran Aristoteles maupun keyakinan gereja bahwa Bumi adalah pusat alam semesta.

Galileo dinyatakan bersalah pada 1633 dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Namun karena usianya dan kesehatannya yang memburuk, dia diizinkan untuk menjalani hukuman tahanan rumah hingga kematiannya.

Baru pada 1992 Paus Yohanes Paulus menyatakan secara resmi bahwa keputusan penghukuman itu adalah salah. Dalam pidatonya pada 21 Desember 2008, Paus Benediktus XVI menyatakan bahwa Gereja Katolik Roma merehabilitasi namanya sebagai ilmuwan.(***/history/wikipedia)