8 Juli dalam Sejarah: Erector Set Dipatenkan, Mainan Terpopuler Sepanjang Masa

Internasional
Share the knowledge

(sumber foto: Kansas WW1)

Pada tanggal ini, 1913, Kantor Paten Amerika Serikat (AS) mengeluarkan paten untuk Alfred C. Gilbert, untuk mainan anak-anak yang pada awalnya diberi nama “Mysto Erector Structural Steel Builder”; permainan konstruksi yang kini berevolusi dalam berbagai jenis seperti Lego.

Mainan ini kemudian lebih dikenal dengan nama Erector Set, yang segera menjadi mainan terpopuler sepanjang masa. Sebelum sukses dengan Erector Set-nya, pria kelahiran Salem, Oregon, AS, pada 1884 ini, lebih dikenal sebagai pemenang medali emas di kompetisi lompat galah di Olimpiade 1908.

Ketika diterima kuliah di kedokteran Universitas Yale, Gilbert membantu membayar uang sekolahnya dengan tampil sebagai pesulap. Dia juga mendirikan perusahaan Mysto Manufacturing yang menjual peralatan sulap untuk anak-anak.

Pada tahun 1909, Gilbert menyelesaikan sekolah kedokterannya, tetapi dia malah memutuskan untuk memperluas bisnis mainan anak-anak daripada berlatih sebagai dokter.

Postcomended   6 April dalam Sejarah: Tunjukkan Pembangkangan, Mahatma Gandhi Pimpin "Salt March"

Pada 1911, ketika bepergian dengan kereta api dari New Haven ke New York City, Gilbert mengamati kegiatan pekerja konstruksi yang berkutat dengan balok-balok baja, dan ini memukaunya. Dari sinilah dia mendapat ide untuk salah satu mainan paling populer sepanjang masa.

Erector Set adalah mainan berupa kumpulan balok-balok logam dengan lubang-lubang yang diberi jarak yang sama, dan kemudian dapat dibangun dengan sekrup, baut, puli, roda gigi dan bahkan mesin.

Sebuah perusahaan mainan Inggris bernama Meccano Company kemudian menjual kit yang sama, tetapi Erector Set milik Gilbert lebih realistis dan memiliki sejumlah keunggulan teknis. Dalam lima tahun, bisnis Gilbert telah berganti nama menjadi A.C. Gilbert Company dan berubah dari menghasilkan ratusan dolar menjadi bernilai jutaan dollar.

Postcomended   Satu Obat untuk Semua Kanker Temuan Ilmuwan Israel, Dibongkar Sejumlah Pakar Kanker

Gilbert mulai menjual Erector Set pada 1913, didukung iklan besar pertama Amerika Serikat (AS) untuk sebuah mainan. Erector Set dengan cepat menjadi salah satu mainan paling populer sepanjang masa: ruang keluarga di seluruh negeri diubah menjadi metropolitan mini, dipenuhi dengan gedung pencakar langit, jembatan dan rel kereta api.

Anak-anak yang sudah memiliki satu set akan meminta kepada Santa Claus setiap tahun untuk meng-upgrade Erector Set sebelumnya agar dapat membuat kit deluxe “No. 12 1/2” yang datang dengan cetak biru untuk robot “Misterius Walking Giant”. Permainan Erector Set bertahan hingga lebih dari seabad dari sejak ditemukan. (***/connecticuthistory/ideafinder)


Share the knowledge

Leave a Reply