Nasional

8 Oktober dalam Sejarah: Gunung Galunggung Meletus untuk Pertama Kali

Pada tanggal ini tahun 2004, “Ratu Ganja” asal Australia, Schapelle Corby, ditangkap di Bandara Ngurah Rai, Bali, karena membawa ganja sebanyak 4,2 kg. Pada 1967, pemimpin gerilyawan Kuba ternama, Che Guevara, ditangkap bersama dengan para pengikutnya di Bolivia.  Che sempat berteriak, “Jangan tembak, Aku Che!”. Sementara itu abad ke-19 membawa cerita Gunung Galunggung Meletus untuk pertamakalinya.

Laman Volcano.oregonstate.edu menyebutkan, letusan pertama Galunggung ini memuntahkan lumpur yang mendidih ke lembah-lembah di sekitarnya, menghancurkan 114 desa dan menewaskan 4.011 orang.

Sejak itu, tercatat gunung yang berada di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, ini, meletus kembali sebanyak tiga kali dalam waktu berdekatan, yakni pada 1982, 1983, dan istirahat lagi sejak letusan terakhirnya pada 1984, hingga sekarang.

Tidur cukup lama sejak letusan 1822, gunung jenis stratovolkanik ini ternyata sedang menghimpun kekuatan untuk suatu letusan besar pada 5 April 1982. Abu yang dihempaskan ke udara menjangkau bahkan hingga ibukota Jakarta, dan membuat Kota Bandung yang berjarak sekitar 113 kilometer, gelap bagai malam di siang hari.

Letusan 1982 menyebabkan warga di 22 desa harus mengungsi. Sekitar 68 orang meninggal, meskipun disebabkan oleh faktor tidak langsung seperti kecelakaan lalu lintas, usia tua, suhu dingin, dan kekurangan makanan. Perkiraan kerusakan, masih menurut laman Volcano.oregonstate.edu, adalah 15 juta dollar AS.

Postcomended   Siap-siap ya, Indonesia Riders Quest Bakal Singgah di Pasar Pancingan

Letusan panjangnya pada 1982 itu telah menyebabkan satu pesawat  jet jumbo Boeing 747 British Airways yang sedang menuju Perth kehilangan ketinggian dan meluncur bebas dengan mesin mati. Untunglah pada ketinggian 13.000 kaki, seperti dikutip dari laman Volcanodiscovery, para pilot berhasil menyalakan kembali mesin pesawat berpenumpang 247 orang tersebut, dan mendarat darurat di Jakarta.

Postcomended   Kubu Prabowo Puji Dukungan Taipan Tomy Winata ke Kubu Jokowi

Setelah letusan 1982, tercatat kembali dua letusan pada Januari 1983 dan letusan freatik pada 1984 dan berlangsung sekitar dua minggu. Letusan April 1982 dan Januari 1983 itu menghancurkan kubah lava yang terbentuk pada 1918 dan menghasilkan kerucut cinder baru di kawah baru.

Galunggung adalah gunung tipe stratovolcano yang memiliki ketinggian sekitar 2.168 meter di atas permukaan laut. Kini kawah gunung ini menjadi objek wisata terlebih setelah dibangun tangga hingga ke bibir kawah.***

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top