The Beatles John Lennon All You Need is Love Imagine

The Beatles John Lennon All You Need is Love Imagine” Framed … Redbubble800 × 522Search by image The Beatles John Lennon All You Need is Love Imagine by Tara Holland

DeJournal mencatat tiga peristiwa menonjol yang terjadi pada tanggal 8 Oktober. Pada 1967, pemberontak sohor Kuba, Ernesto “Che” Guevara, tertangkap di Bolivia bersama para pengikutnya. Pada 1971, mantan vokalis The Beatles, John Lennon, mencetak megahit “Imagine”. Sementara itu di 2004, seorang warga Australia, Schapelle Corby, ditangkap karena membawa 4,2 kg ganja di Bandara Ngurah Rai, Bali. Kasus ini menjadi kontroversial karena warga dan pemerintah Australia membela habis-habisan wanita ini.

Hari ini, 46 tahun silam, lagu “Imagine” yang dinyanyikan mantan vokalis The Beatles, John Lennon, mencetak megahit. Lagu yang diciptakan Phil Spector ini diedarkan sebagai “single” pada tahun yang sama (1971), dan mencapai tangga lagu ke-3 Billboard, Amerika Serikat, dan ke-6 di Britania Raya.

Dari Wikipedia, menurut Presiden Amerika Serikat (AS) ke-39, Jimmy Carter, dia mendengar lagu ciptaan Phill Spector ini diputar hampir sama seringnya dengan lagu kebangsaan AS.

Dalam buku “Lennon in America”, Lennon menyebut lagu “Imagine” adalah lagu anti agama, anti nasionalisme, anti konvensional, juga anti kapitalistis. Bahkan Lennon juga menggambarkan “Imagine” sebagai “praktik” sebuah Manifesto Komunis.

Tetapi karena kata-katanya diperhalus, maka lagu ini kata Lennon, dapat diterima. Liriknya diduga diilhami oleh harapan-harapan Lennon akan dunia yang lebih damai.

Menurut The Guardian, refrain lagu “Imagine” mungkin sebagian diilhami puisi Yoko Ono; puisi yang mencerminkan reaksinya terhadap masa kecilnya di Jepang pada masa Perang Dunia II.

Versi-versi paling awal dari refrain lagu ini dapat ditemukan dalam buku Yoko Ono, Grapefruit (1965). Yoko Ono adalah kekasih Lennon –di saat dia masih berstatus suami Cynthia Lennon– yang kemudian menjadi istrinya.

Di buku tersebut Ono menulis kata-kata seperti, “imagine a raindrop” dan “imagine the clouds dripping.

Namun sebelumnya (1963) Lennon mengarang lirik lagu “I’ll Get You” dengan kata-kata pembukaan: “Imagine I’m in love with you, it’s easy cause I know” (Bayangkan aku jatuh cinta padamu, mudah bukan, karena aku tahu itu). Bait pertama lagu “Imagine” kelihatannya merupakan olah ulang kata-kata ini.***