Asap jamur yang terbentuk saat bom atom kedua dijatuhkan di Nagasaki

 

Pada 9 Agustus, 72 tahun silam, bom atom kedua dijatuhkan Amerika Serikat (AS), di Nagasaki, Jepang. Peristiwa ini membuat Jepang menyerah tanpa syarat kepada pasukan sekutu.

Dijatuhkannya bom di Nagasaki ini karena pihak Jepang tidak juga menuruti permintaan Konferensi Potsdam untuk menyerah setelah tiga hari sebelumnya bom sejenis dijatuhkan di kota Hiroshima.

Bom Nagasaki dijatuhkan pukul 11:02, 1.650 kaki di atas kota. Kekuatan ledakannya setara 22 ribu ton TNT. Bom yang dijuluki “The Fat Man” ini diperkirakan menewaskan 60-80 ribu orang. AS bersiap menjatuhkan lagi bom pada 17 atau 18 Agustus.

Namun Kaisar Jepang saat itu, Hirohito, keburu menyatakan menyerah. “Melanjutkan perang hanya bisa mengakibatkan pemusnahan orang-orang Jepang,” kata Kaisar. Peristiwa ini menandai berakhirnya Perang Dunia II. (http://www.history.com/this-day-in-history/atomic-bomb-dropped-on-nagasaki).

Postcomended   Diduga Anti-Vaksin, Anak Artis ini Terserang Campak (1)

Peristiwa lainnya yang terjadi pada 9 Agustus antara lain:

Pada 1173, menara “miring” Pisa mulai dibangun sebagai menara lonceng katedral di kota Pisa, Italia.

Pada 1892, Thomas Alfa Edison menerima paten atas telegraf dua arah.

Tahun 1965, Singapura yang telah dikeluarkan dari Federasi Malaysia mendeklarasikan kemerdekaannya.

Tahun 1974, akibat skandal Watergate, Richard Nixon menjadi Presiden AS pertama yang mundur dari jabatannya. Wapres Gerald Ford menggantikan Nixon.

10 Agustus

Sementara itu, pada 10 Agustus 1945, setelah The Fat Man dijatuhkan di Nagasaki, Jepang mengumumkan kesediaannya untuk menyerah kepada sekutu asalkan status Kaisar Hirohito tidak berubah.

Hari yang sama 75 tahun lalu, terjadi kerusuhan menyusul penangkapan tokoh kharismatis India, Mahatma Gandhi, oleh pemerintah penjajahan Inggris.

27th September 1931: Indian thinker, statesman and nationalist leader Mahatma Gandhi (Mohandas Karamchand Gandhi) (1869 – 1948) arriving at Greenfield Mills, Darwin, Lancashire during his tour of Britain. (Photo by Keystone/Getty Images)

Kerusuhan dan pemogokan terjadi di Bombay dan Delhi selama penangkapannya. Gandhi saat itu menyerukan demonstrasi tanpa kekerasan.

Postcomended   E-commerce Asia Tenggara Makin Seru: Tokopedia Dikucuri Alibaba Rp 14 Triliun

Jepang yang pada masa itu menampilkan diri sebagai “saudara tua”, mendorong orang India memperjuangkan kebebasan mereka dari Inggris (sekutu), seraya mengabarkan bahwa mereka telah berdiri di perbatasan India-Burma (Myanmar), siap membantu membebaskan India. Saat itu Jepang sedang dirasuki obsesi menciptakan Pan-Asia.

11 Agustus

Jika tahun ini, 2017, akan terjadi gerhana matahari total pada tanggal 21 Agustus, maka pada 18 tahu silam, gerhana matahari terjadi pada 11 Agustus.

Gerhana matahari total ini terjadi di kawasan Atlantik, beberapa ratus mil timur Boston, AS, dan terlihat juga di seluruh Eropa, sebagian Asia, dan sebagian Timur Tengah.

Postcomended   Melahirkan Wirausaha Pariwisata Melalui WITE

11 Agustus adalah tanggal kelahiran Steve Wozniak, tepatnya 67 tahun silam, di San Jose, California, AS. Wozniak adalah partner Steve Job dalam mendirikan perusahaan teknologi komputer Apple. Pada 1987, setelah lebih dari 11 tahun, ia meninggalkan Apple namun masih menerima gaji dan merupakan pemegang saham.***(ra)

Share the knowledge