Buy me a coffeeBuy me a coffee
Internasional

9 Februari dalam Sejarah: 73 Juta Orang Amerika Terpaku di depan TV Menonton Aksi Perdana The Beatles di AS #beritahariini

Share the knowledge

 

The Beatles tampil Perdana di acara Ed Sullivan Show. Acara ini menjadi pemicu grup-grup band Inggris lainnya tampil di AS seperti antara lain the Rolling Stones dan the Animals (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=JC0MEF6d1eU)

The Beatles tampil Perdana di acara Ed Sullivan Show. Acara ini menjadi pemicu grup-grup band Inggris lainnya tampil di AS seperti antara lain the Rolling Stones dan the Animals (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=JC0MEF6d1eU)

Pada tanggal ini, pukul 8 malam, tahun 1964, adalah jadwal Amerika menonton CBS dan The Ed Sullivan Show. Tapi malam ini ada yang berbeda. Jumlah penontonnya meningkat pesat. Diperkirakan sebanyak 73 juta orang Amerika berkumpul di depan perangkat TV mereka untuk menonton pertunjukan langsung The Beatles yang pertama di Amerika Serikat (AS). 

Dikutip dari laman Edsullivan.com, rating penonton televisi pada saat itu memecahkan rekor jumlah rumah tangga dengan televisi yang menonton yakni sebesar 45,3%. Angka itu mencerminkan total 23.240.000 rumah di Amerika. Selain itu, sebanyak 60% televisi yang dihidupkan disetel ke saluran Ed Sullivan.

Ed membuka acara itu dengan menyebutkan secara singkat sebuah telegram ucapan selamat kepada The Beatles dari Elvis Presley dan manajernya, Kolonel Tom Parker. Gelombang kehebohan atas kedatangan The Beatles ini disebutkan belum terlihat sejak Elvis Presley tampil di The Ed Sullivan Show pada 1956.

Postcomended   Pasar Digital Puri Bambu Bandung Diminta Inovatif dan Berkelanjutan

Setelah itu, Ed melemparkan acara ke iklan Aero Shave dan Griffin Shoe Polish. Setelah gangguan komersial singkat ini, Ed pun memulai perkenalannya yang mengesankan.

Dia berseru: “Sekarang kemarin dan hari ini teater kami penuh dengan koran dan ratusan fotografer dari seluruh negeri, dan para veteran ini setuju dengan saya bahwa kota ini tidak pernah menyaksikan kegembiraan yang digerakkan oleh anak-anak muda dari Liverpool yang menyebut diri mereka The Beatles. Sekarang malam ini, Anda akan dihibur dua kali oleh mereka. Sekarang, dan lagi di paruh kedua pertunjukan kami. Hadirin sekalian, The Beatles! Mari kita hadapi mereka.”

John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Star pun naik ke panggung, membuka dengan “All My Loving” untuk memekakkan telinga gadis-gadis remaja di antara hadirin. The Beatles mengikuti hit itu dengan Paul McCartney mengambil sorotan untuk bernyanyi, “Till There Was You”.

Postcomended   20 Agustus dalam Sejarah: Dosa Perbudakan AS Dimulai Hari Ini, Ketika 20 Budak Dicuri dari Kapal Spanyol

Selama lagu, kamera menyorot masing-masing anggota band dan memperkenalkannya kepada penonton dengan menampilkan nama depannya di layar. Ketika kamera menyorot John Lennon, tertulis di bawah namanya “SORRY GIRLS, HE’S MARRIED”. The Beatles kemudian membungkus set pertama dengan “She loves You”.

Siaran selama satu jam itu diakhiri dengan dua lagi hits mereka, “I Saw Her Standing There” dan “I Want to Hold Your Hand” untuk menyenangkan para penggemar yang hadir dan mereka yang menonton di rumah.

Acara itu merupakan sukses besar televisi. Sesulit yang dibayangkan, lebih dari 40% dari setiap pria, wanita dan anak yang tinggal di Amerika telah menonton “The Beatles on Sullivan”. Seminggu kemudian, edisi 24 Februari sampul majalah Newsweek menampilkan gambar The Beatles dengan judul “Bugs About Beatles”.

Dalam ulasan yang menyertainya, dibahas tentang penampilan personel The Beatles pada acara The Ed Sullivan Show tersebut, antara lain disebutkan bahwa secara visual penampilan personel The Beatles adalah mimpi buruk: setelan ketat, dandi, Edwardian/Beatnik, dan rambut mangkuk pudding. Artikel ini juga meramalkan bahwa “… Kemungkinan mereka akan menghilang, seperti yang diprediksi sebagian besar orang dewasa.”

Postcomended   20 Juli dalam Sejarah: Dengan Kaki Kirinya, Neil Armstrong Jadi Orang Pertama yang Injak Bulan

Keberhasilan The Beatles di The Ed Sullivan Show membuka jalan bagi grup rock ‘n’ roll lainnya ke AS di masa depan yang dijuluki “Invasi Inggris”, termasuk The Rolling Stones, The Animals, The Dave Clark Five, Hermits Herman, The Searchers, Gerry and the Pacemakers, Peter dan Gordon, dll.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


Buy me a coffeeBuy me a coffee
Buy me a coffeeBuy me a coffee
To Top