Loading...
Internasional

9 Juli dalam Sejarah: Johnny “Tarzan” Weissmuller Pecahkan Rekor Renang Gaya Bebas

Share the knowledge

Johnny Weissmuller (gambar dari: https://www.johnnyweissmuller.com/home/quotesbanner/)

Johnny Weissmuller (gambar dari: https://www.johnnyweissmuller.com/home/quotesbanner/)

Pada tanggal ini, 1922, Johnny Weissmuller memecahkan rekor renang gaya bebas 100 m dalam 58,6 detik. Badannya yang atletis, tinggi 190 meter, berat 88 kg, bahu lebar, pinggul sempit, kaki panjang, ditambah wajah tampan, lengkaplah sudah syarat untuk menjadi “Tarzan”.

Weissmuller adalah perenang terbaik abad ke-20 yang memenangkan lima medali emas Olimpiade, mencetak 24 rekor dunia, dan memenangkan 51 gelar AAU (Amateur Athletic Union). Setelah Olimpiade 1928, dia menjadi perenang profesional, dan tampil di pertandingan  di seluruh Amerika Serikat (AS).

Pada 1940, ketika dia berusia 36 tahun –saat dia sudah dikenal sebagai “Tarzan”– dia memecahkan rekor gaya bebas 100 meter atas namanya sendiri, yakni 48,5 detik.

Pada 1930, bermodalkan semua kesempurnaan fisiknya, Weissmuller mendapat tawaran untuk memerankan Tarzan. Namun tak hanya ganteng, Weissmuller memang sudah memiliki bakat untuk terjun ke dunia bisnis hiburan.

Dia memiliki kemampuan menghibur orang banyak. Di tengah acara-acara lomba renang yang serius dia sering membuat banyak orang tertawa dengan melakukan penyelaman komedi. Meski begitu, perannya di dua belas film Tarzan-nya tidak banyak membutuhkan kekuatan aktingnya, selain dia juga mengakui kurang baik dalam berakting.

Sepanjang seri Tarzan, Weissmuller berenang di setidaknya satu adegan yang biasanya lebih memamerkan bentuk tubuh dan kecepatannya yang terkenal, atau akting bergulat dengan buaya atau ancaman di dalam air lainnya; peran yang tidak menuntut banyak kemampuan akting.

Postcomended   Studi: Penggunakan Kata Terpola Saat Update Status di Facebook Indikasikan Suatu Penyakit

Weissmuller, seperti disebutkan laman Your Dictionary, sangat sadar bahwa dia bukan aktor yang sangat terampil atau ekspresif, dan dia mempertahankan rasa humor tentang kurangnya bakat aktingnya dan kemampuan percakapan karakternya yang terbatas. Tentang perannya sebagai Tarzan, dia pernah berkata, “Itu lorong saya. Ada berenang di dalamnya, dan saya tidak banyak bicara.”

Weissmuller merupakan aktor keenam yang memerankan Tarzan; peran yang dimainkannya hingga dua belas seri film layar lebar. Bagaimanapun, Weissmuller telah menjadi sosok “Tarzan” yang paling dikenal. Teriakan khas Tarzan-nya menjadi ikonik, hingga kini.

Postcomended   Video Pembantaian Christchurch Sempat Ditonton 4.000 Kali Sebelum Dihapus

Scott Siegel dan Barbara Siegel dalam “Encyclopedia of Hollywood, Tarzan dan His Mate 1934″ menulis, untuk generasi yang melihat Weissmuller berayun dari tanaman merambat di layar lebar, dan anak-anak mereka yang melihatnya melakukan hal yang sama ketika film-film disiarkan ulang di televisi, Weissmuller akan selalu menjadi Tarzan.”

Ketika menjadi lebih tua, dia sempat membintangi serial “Jungle Jim” (1948) yang beranggaran rendah, di mana karakternya sangat mirip dengan Tarzan, kecuali bahwa dia di sini mengenakan pakaian. Weissmuller sempat bermain di dua film lainnya, yakni film berjudul “Swamp Fire” (1946) dan “The Phynx” (1970).

Setelah pensiun dari film, Weissmuller memberikan namanya kepada perusahaan kolam renang, Johnny Weissmuller Swimming Pools Company, sebuah waralaba yang berbasis di Chicago, dan memiliki karir bisnis yang cukup sukses. Dia juga manajer International Swimming Hall of Fame di Fort Lauderdale, Florida.

Kehidupan cintanya kurang berhasil; dia menikah enam kali. Dia memiliki tiga anak, Wendy, John, dan Heide, dengan istri kelimanya, Allene Gates. Autobiografinya, “Water, World, dan Weissmuller”, diterbitkan pada 1967. Setelah berjuang melawan serangkaian stroke dan operasi, ia meninggal di rumahnya di Acapulco, Meksiko pada tahun 1984.***

Postcomended   Kasus Kematian Meningkat di AS, Malaysia Pertimbangkan Larang Rokok Elektronik
Loading...


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Loading...
To Top