Internasional

9 Juni dalam Sejarah: Donald Bebek Muncul Pertama Kali di Film “The Wise Little Hen”

Share the knowledge

(gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=ZQdlt8Xvr8g)

(gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=ZQdlt8Xvr8g)

Pada tanggal ini tahun 1934, karakter kartun bebek paling kondang sedunia, Donald Duck, membuat debut layar pertamanya di “The Wise Little Hen”. Tanggal ini kemudian ditetapkan sebagai hari lahir si bebek “sensi” ini, dan diperingati sebagai Hari Donald Bebek Nasional.

Dikutip dari laman National Day Calendar, Donald Bebek dikenal dengan tampilannya yang mengenakan setelan pelaut, lengkap dengan topi dan dasi kupu-kupu hitam atau merah. Dia juga dikenal dengan pidatonya yang “kurang bisa dipahami”, bersama dengan kepribadiannya yang jahil, nakal, namun mudah tersinggung dan pemarah

Donald Bebek telah muncul di lebih banyak film karakter Disney lainnya. Donald yang dikenal dengan ucapannya yang terkenal “Oh boy, oh boy, oh boy!”, juga dinyatakan pada tahun 2002 oleh TV Guide sebagai salah satu dari 50 karakter kartun terhebat sepanjang masa.

Postcomended   Memahami Insomnia Anda Seperti Dikatakan Para Pakar Tidur

Waktu itu bertepatan dengan penampilan kedua Donald di “Orphan’s Benefit”, film seri dimana Donald diperkenalkan dengan teman komiknya, Mickey Mouse. “Orphan’s Benefit” adalah film seri Mickey Mouse, dimana Walt Disney –sang pencipta sejumlah karakter kartun Disney legendaris– memperkenalkan beberapa karakter kartun lainnya.

Pacar Donald, Daisy Duck, bersama dengan keponakannya, Huey, Dewey, dan Louie, misalnya, diperkenalkan tak lama setelah penampilan kedua Donald di “Orphan’s Benefit”. Donald sebelumnya hanya muncul dalam seri “Silly Symphonies”.

Laman Disney Fandom menyebutkan, di “Orphan’s Benefit” karakter Donald mendapat pengembangan secara signifikan. Banyak kepribadian khas Donald yang pertama kali diperkenalkan di film seri ini menjadi terkait secara permanen dengannya, seperti kecintaannya pada kecakapan memainkan pertunjukan, tekadnya yang keras, suka bertengkar, dan yang paling terkenal adalah sifatnya yang mudah terprovokasi.

Postcomended   Sadar Gak? 10 Lagu Ngetop Ini Ternyata Hasil Daur Ulang!

Film ini juga memperkenalkan beberapa kejenakaan fisik Donald, seperti amarah khasnya yaitu melompat dengan satu kaki sambil mengulurkan satu kepalan tangan dan mengayunkan yang lainnya. Ini adalah kreasi animator Dick Lundy yang menyebutnya sebagai “pose bertarung”.

Selain dalam animasi, Donald juga dikenal karena penampilannya di buku komik dan komik strip. Pada 1984, bertepatan dengan ulah tahunnya yang ke-50, Walikota Los Angeles, Tom Bradley, menetapkan 9 Juni sebagai Hari Donald Bebek Nasional. Untuk memperingatinya, bebek paling terkenal di dunia ini dibuatkan patung perak dirinya.

Penciptaan karakter Donald sendiri oleh Disney dilakukan pada 1932. Diskusi mengenai karakter suara Donald pernah dijelaskan dalam kartun tersendiri di mana Donald dikisahkan membeli pil suara untuk meningkatkan gaya pidatonya. Donald lalu pergi ke kantor Walt Disney untuk memamerkannya, tetapi Walt mendesaknya untuk “menjadi dirinya sendiri”.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top