Michael Landon Biography Michael Landon On October 31, 1936, Michael Landon (Eugene Maurice Orowitz) was born in the town of Forest Hills, New York. He was the second child of Eli Orowitz and ...

Michael Landon Biography Michael Landon On October 31, 1936, Michael Landon (Eugene Maurice Orowitz) was born in the town of Forest Hills, New York. He was the second child of Eli Orowitz and …

Hari ini, 1989, seusai tragedi Tiananmen, para jurnalis mempetisi pemerintah Cina untuk kebebasan pers. Upaya ini kelihatannya gagal. Pada 2016, Filipina memilih Rodrigo Duterte sebagai Presidennya, yang menandai dimulainya perang berdarahnya terhadap perdagangan narkoba. Hari ini juga situs Onthisday menulis, pada 2017 seorang Gubernur Jakarta beragama Kristen, Ahok, dipenjara selama 2 tahun dengan alasan penodaan agama. Kisah cukup legendaris datang dari Michael Landon. Pada 1991, pemeran ayah bijak di “Little House on the Prairie” ini buka suara tentang sakit kankernya.

Pada bulan April 1991, ikon TV Michael Landon didiagnosis dengan kanker pankreas. Sudah tak ada upaya yang bisa dilakukan termasuk operasi. Sebulan kemudian, tepatnya 9 Mei 1991, Landon sangat bersemangat ketika dia menjadi tamu acara “The Tonight Show”. Dia meninggal tujuh minggu kemudian pada usia 54.

Landon telah mengumumkan kanker yang diidapnya itu pada 8 April 1991. Saat itu, Landon masih bisa bercanda dengan menyebutkan bahwa kanker pankreasnya adalah sebuah pertunjukan anugerah yang luar biasa dalam situasi yang sulit. Padahal harapan hidup kebanyakan kasus kanker pankreas tidak menggembirakan.

Postcomended   Memalukan! Gara-gara Bom, Anwar Ibrahim Sampai di Indonesia

Sebagian besar kasus tumor pankreas, dikenal sebagai adenokarsinoma, jarang menyebabkan gejala hingga sampai pada kondisi stadium yang sudah tanpa harapan. Menurut Dr. Richard Kaplan, profesor onkologi dan kedokteran di Pusat Onkologi Universitas Maryland, sejak terdiagnosis, harapan hidup penderita kanker pankreas hanya dalam hitungan bulan.

Postcomended   Memakai Kaus 2019 Ganti Presiden Melanggar Hukum? Benarkah itu?

“Ada persentase kecil pasien dengan adenokarsinoma yang dapat disembuhkan dengan kombinasi operasi, radiasi, dan kemoterapi,” ujarnya. Namun seringnya, adenokarsinoma sudah tumbuh jauh sebelum pencegahan dengan memblokir saluran empedu.

Kasus lain, kanker telah menyebar ke jaringan saraf di belakang pankreas yang menyebabkan rasa sakit. Atau mereka mengirim koloni ganas ke hati. Dalam situasi itu, operasi tidak ada gunanya. Landon diketahui kesakitan selama enam minggu sebelum terdiagnosis.

Selain kanker pankreas, Landon juga didiagnosis kanker hati. Namun kata Kaplan, tidak jelas apakah kanker hatinya ini berbeda, atau merupakan metastasis dari kanker pankreasnya. “Yang terakhir lebih mungkin,” kata Kaplan. Landon meninggal pada 1 Juli 1991, kurang dari tiga bulan sejak terdiagnosis pada 5 April 1991.

Postcomended   Proses Divestasi PT Freeport Indonesia Sudah di Tahap Akhir

American Cancer Society menyebutkan, kasus kanker pankreas telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Perokok lebih mungkin mendapatkannya daripada non-perokok, kulit hitam lebih banyak daripada kulit putih, laki-laki lebih banyak daripada perempuan.(***/onthisday/baltimoresun)

Share the knowledge