CARA KERJA MOBIL LISTRIK ~ Mobil Bertenaga Listrik Mobil Bertenaga Listrik619 × 309Search by image Daya Listrik yang bersumber dari listrik PLN atau Generator lewt alt pengisian (Charger) yang berperan untuk merubah arus bolak-balik (AC) jadi arus searah ...

CARA KERJA MOBIL LISTRIK ~ Mobil Bertenaga Listrik Mobil Bertenaga Listrik619 × 309Search by image Daya Listrik yang bersumber dari listrik PLN atau Generator lewt alt pengisian (Charger) yang berperan untuk merubah arus bolak-balik (AC) jadi arus searah …

Kendati masih bak mimpi di siang bolong, Indonesia tampak optimistis menghadapi era mobil listrik. Ini terlihat dari PT PLN yang mengaku sudah menyediakan 875 stasiun pengisian listrik umum (SPLU) di beberapa kota besar. Pada 2016, Gaikindo mengatakan, Indonesia baru akan memasuki era mobil listrik satu dekade lagi. Itu di atas kertas. Swedia harus banyak memberi insentif pada warganya hingga penggunaan mobil listrik di negeri Skandinavia ini kini mencapai 80 persen.

PT PLN mengatakan, pihaknya menempatkan ke-875 SPLU itu di Jakarta, Bandung, Bangka Belitung, Riau dan Kepulauan Riau, Muara Bungo, Bengkulu, Lampung, Manado, Gorontalo, Palu, Kotamobagu, Yogyakarta, Bali dan Makassar. Rencananya tahun ini akan mencapai 1.000 unit SPLU.

Diansir Tempo, Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, I Made Suprateka, Minggu (27/8/2017), mengatakan, PT PLN yakin bisa memenuhi ketersediaan SPLU dengan kualitas maksimal, dengan didukung pasokan dari pembangkit baru yang berasal dari program 35.000 megawatt (MW).

SPLU tersebut awalnya dibangun PLN untuk melayani kebutuhan listrik masyarakat di tempat umum, seperti untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) atau pedagang kaki lima (PKL). Seiring perkembangan teknologi, SPLU didesain agar bisa digunakan untuk men-charge energi kendaraan listrik.

Postcomended   Anggun Dampingi David Foster Lagi di "Asia's Got Talent"

Caranya semacam sistem prabayar: konsumen harus mengisi pulsa (stroom) kWh meter dengan membeli token listrik melalui Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, minimarket, dll.

SPLU PLN terdiri dari dua tipe: tipe hook yang dapat ditemui di tiang-tiang milik PLN, dan tipe standing; semacam SPBU.

SPLU hook terdiri dari 2 kWh Meter dengan setiap meternya memiliki daya 5.500 VA. Sedangkan SPLU standing terdiri dari 4 kWh Meter. Daya dari masing-masing kWh Meter tersebut juga bisa ditingkatkan menjadi 11.000 VA.

Dengan kapasitas daya tersebut, SPLU mampu menyuplai listrik untuk charging kendaraan listrik yang memiliki daya bervariasi antara kisaran 500-2.500 Watt.

Kapan penggunaan SPLU-SPLU tersebut akan optimal untuk mobil listrik? Sekretaris Jenderal Gaikindo, Kukuh Kumara, pada 2016 mengatakan, Indonesia diperkirakan baru siap menerapkan mobil listrik mulai 2025 sampai 2030.

Kepada detikOto, dia menyebutkan, perlu persiapan matang untuk memasuki era mobil listrik, seperti adanya infrastruktur pendukung. Harga baterai yang mahal juga kata Kukuh, menjadi satu hal yang perlu dipertimbangkan.

Postcomended   Tour de Singkarak ETAPPE 3, Senin 20 November 2017, SIJUNJUNG - DHARMASRAYA

Lagipula apakah masyarakat siap men-charge mobil 3-5 jam untuk penggunaan satu jam. Namun kata Kukuh, mobil listrik merupakan salah satu potensi pasar otomotif di Indonesia. “Potensi bisnis pasti ada saja karena tiap negara ingin seperti itu (ada mobil listrik),” ujar Kukuh.

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, yang dimulai 10 Agustus, mobil-mobil ramah lingkungan hibrida, khususnya listrik, mewarnai lantai pamer mulai Toyota, Mercedes, hingga BMW.

Roelof Lamberts, CEO Mercedes-Benz Indonesia mengatakan, pihaknya siap mendukung rencana pemerintah yang akan mulai menggalakan program mobil ramah lingkungan. “Jika regulasi pemerintah sudah siap, kami tentu siap memenuhi permintaan untuk kendaraan listrik,” ujar Lamberts seperti dilansir Otomania.com.

Bagaimana dengan nasib mobil listrik karya bangsa sendiri? Upaya tersebut pernah coba mulai dirintis Dahlan Iskan, Menteri BUMN era Presiden SBY. Namun sayang, Dahlan dianggap gagal sehingga terdapat kerugian uang negara hingga miliaran rupiah. Upaya Dahlan ini melibatkan pembuat mobil listrik lulusan ITB, Dasep Ahmadi. Dasep pun divonis 7 tahun bui untuk perbuatan yang tidak dia akui.

Upaya membangun molinas pun seperti kembali ke nol. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, pada 4 Agustus lalu, lagi-lagi mengatakan bahwa molinas masih dalam tahap purwarupa (prototype).

Postcomended   Rumah, Tempat Aman bagi Remaja Lakukan Seks Bebas

Dia seperti diberitakan Jurnas, baru menunjuk lima perguruan tinggi: UI, UGM, ITB, UNS, dan ITS, untuk melakukan penelitian lanjutan, termasuk meriset produksi baterai litium sendiri.

Diharapkan pada 2020, Indonesia dapat memproduksi baterai litium 100 persen, sehingga tidak perlu lagi impor dari luar negeri.

Berdasarkan laporan International Energy Agency (IEA), produksi mobil listrik dunia saat ini baru mencapai angka dua juta unit. Persentase terbesar tumbuh di negara-negara Eropa maju. Paling banyak adalah Norwegia (37 persen), Belanda (6,4 persen), dan Swedia (3.4 persen).

Negara-negara ini perlu memberi kemudahan/insentif penjualan dan kepemilikan mobil listrik agar warganya tidak ragu menggunakan mobil listrik daripada mobil BBM.***