Ekonomi

Akses Internet Pendiri Wikileaks Diputus Kedutaan Ekuador

Akses Internet Pendiri Wikileaks Diputus Negara

Akses Internet Pendiri Wikileaks Diputus Negara “Pelindung … Kompas Tekno Akses Internet Pendiri Wikileaks Diputus Negara “Pelindung”

Pemerintah Ekuador mengatakan Rabu (28/3/2018), telah memotong koneksi internet pendiri WikiLeaks, Julian Assange, di Kedutaan besar London, Inggris. Hal ini dilakukan setelah aktivitas terakhirnya di media sosial yang mengutuk penangkapan pemimpin separatis Catalonia.

Dalam sebuah pernyataan, kata para pejabat, seperti dilaporkan AP, postingan Assange yang terakhir “berisiko” terhadap hubungan baik Ekuador dengan negara-negara di Eropa. Selasa, kedutaan memutuskan menunda akses internet “untuk mencegah potensi kerugian”.

Ekuador memberikan Assange suaka di Kedutaan besar negara Amerika Selatan ini di London pada 2012. Sejak itu, Assange “terpenjara” di dalam kedutaan Ekuador, yang sesekali tampak ditemani seekor kucing.

Ekuador telah berulang kali mencoba menemukan solusi yang akan memungkinkan Assange pergi tanpa ancaman penangkapan, tapi sejauh ini usaha itu nihil. 

Jelang Pemilu AS, WikiLeaks Bocorkan 8.000 Email Demokrat CNN Indonesia ... Pamela Anderson Bicara Rumor Cinta dengan Pendiri WikiLeaks

Jelang Pemilu AS, WikiLeaks Bocorkan 8.000 Email Demokrat CNN Indonesia … Pamela Anderson Bicara Rumor Cinta dengan Pendiri WikiLeaks

Dia tetap harus ditahan di Inggris untuk dijadikan jaminan, dan juga cemas akan kemungkinan permintaan ekstradisi Amerika Serikat (AS) dengan alasan bocornya dokumen-dokumen Departemen Luar Negeri AS.

 Hubungan antara Assange dan negara tuan rumah pemberi suakanya seringkali tumbuh duri. Ekuador juga pernah menangguhkan akses internetnya pada 2016 setelah situs pembocor dokumen itu menargetkan kampanye calon presiden Hillary Clinton.

Mantan Presiden Ekuador, Rafael Correa, boleh memuji kerja Assange. Tetapi kepala negara Ekuador saat ini (Lenin Moreno) malah memanggilnya hacker alias peretas dan mengingatkan Assange supaya tidak ikut campur dalam politik.(***/associatedpress)

Pendiri Wikileaks Kini Resmi Jadi Buronan Kelas Kakap Pemerintah ... BukaFakta.com Berita Aktual Independen dan Terpercaya ... secara resmi dari pemerintahan AS (Amerika Serikat) yang mengatakan adanya penangkapan yang dilakukan kepada pendiri Wikileaks, yaitu Julian Assage.

Pendiri Wikileaks Kini Resmi Jadi Buronan Kelas Kakap Pemerintah … BukaFakta.com Berita Aktual Independen dan Terpercaya … secara resmi dari pemerintahan AS (Amerika Serikat) yang mengatakan adanya penangkapan yang dilakukan kepada pendiri Wikileaks, yaitu Julian Assage.

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top