Ekonomi

Alih-alih Cina Banjiri Indonesia, Indonesia yang Justru Serbu Cina

Menaker: TKI yang Serbu China, Bukan TKA China yang Serbu Indonesia ... Majalah Holiday Menaker: TKI yang Serbu China, Bukan TKA China yang Serbu Indonesia

Menaker: TKI yang Serbu China, Bukan TKA China yang Serbu Indonesia … Majalah Holiday Menaker: TKI yang Serbu China, Bukan TKA China yang Serbu Indonesia

Sudah empat tahun ini pemerintah pusat disibukkan melawan isu serbuan tenaga kerja asing (TKA) khususnya asal Cina. Bagaimana tidak, anggota DPR pun ada yang 

melempar isu bahwa ada warga negara Cina yang bahkan menjadi pekerja kasar (pembersih rumput) di satu proyek pembangunan perumahan di Karawang. Tampak seperti ada motif tertentu, namun ini juga bukan isapan jempol, meskipun tak seheboh isu serbuan 10 juta TKA Cina. Alih-alih TKA Cina menyerbu Indonesia, Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri, menyebutkan, TKI yang justru menyerbu Cina. Untuk lebih jelasnya, Hanif pun buka-bukaan data.

Isu serbuan TKA Cina bermula dari media sosial (medsos) yang tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Namun bagi warganet yang ingin percaya, percaya saja seabsurd apapun sumber kabarnya.

Baja China Serbu Pasar Indonesia - rmolsumsel.com RMOLSumsel.com Baja China Serbu Pasar Indonesia

Baja China Serbu Pasar Indonesia – rmolsumsel.com RMOLSumsel.com Baja China Serbu Pasar Indonesia

Isu itu muncul setelah Joko Widodo (Jokowi) terpilih menjadi Presiden RI. Terlebih kemudian pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan TKA. Republika menulis, angka 10 juta tersebut diduga “pelintiran” dari target jumlah wisatawan Cina ke Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata, target per tahunnya sampai 2019 memang menjurus ke 10 juta wisatawan Cina.

Presiden Jokowi yang geram sempat meminta agar penyebar isu TKA 10 juta ditangkap. Desember 2016, Menteri Komunikasi dan Informatika menyebutkan bahwa akun-akun penyebar isu tersebut sudah teridentifikasi. Namun hingga kini tak terdengar kabar penangkapan terhadap pemilik akun-akun tersebut.

Postcomended   Kemenpar Promosikan Borobudur melalui Famtrip Vesak Day 2562 BE

Kendati begitu, memang diketahui ada wisatawan Cina yang memanfaatkan visa wisatawan untuk kegiatan lain. Ini terungkap misalnya dalam kasus penggerebekan tempat pembuatan narkoba. DI sisi lain, pemerintah Jokowi juga banyak bekerjasama dengan Cina dalam pembangunan infrastruktur yang berimplikasi pada didatangkannya TKA asal Negeri Tirai bambu itu.

Untuk memperjelas semua itu, Senin (23/4/2018) di Jakarta, Hanif membuka data ihwal jumlah TKA yang berada di Indonesia, khususnya TKA resmi. Data TKA di Indonesia per akhir 2017 adalah 85.974 orang, ujarnya seperti dilaporkan Kompas.

Media Filipina Rilis Karikatur Jokowi Serbu China | KASKUS Kaskus Media Filipina Rilis Karikatur Jokowi Serbu China

Media Filipina Rilis Karikatur Jokowi Serbu China | KASKUS Kaskus Media Filipina Rilis Karikatur Jokowi Serbu China

Jika dibandingkan dengan jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri, kata Hanif, jumlah TKA di Indonesia tidak ada apa-apanya. Berdasarkan data yang dihimpun Bank Dunia, ada sekitar 9 juta TKI per akhir 2017. Jika dirinci, sebanyak 55 persen ada di Malaysia, 13 persen di Saudi Arabia, 10 persen di Cina/Taipei dan negara-negara lain.

Postcomended   Destinasi Cilegon Yang Harus Dikunjungi Saat Mudik Lebaran

Sebagai pembanding, Hanif merujuk data TKA di beberapa negara. Di Singapura, satu per lima warganya adalah TKA. Bahkan kata Hanif, di Qatar dan Uni Emirat Arab, jumlah TKA hampir sama dengan jumlah penduduknya.

Melalui data tersebut, Hanif juga menunjukkan bahwa justru TKI yang membanjiri Cina, bukan sebaliknya. “TKI kita di Hongkong sudah lebih dari 150.000 orang,” ujarnya. Dia merinci, di Makau ada sekitar 20.000 dan di Taiwan sekitar 200.000 TKI. Sementara jumlah TKA Cina yang bekerja di Indonesia sampai akhir 2017, kata Hanif, hanya sekitar 24.800-an.

Jumlah ini, seperti dikutip dari Republika, sedikit meningkat dibanding data 2016 yang sebesar 21.271 orang. Data 2016 juga menyebutkan bahwa jumlah orang Cina yang memiliki izin tinggal terbatas di Indonesia sekitar 31 ribu orang.

Postcomended   Idap Bipolar, Sinead O'Connor Unggah Video di Facebook, Mengatakan Sedang Bunuh Diri #FacebookDown

Namun dugaan keberadaan warga negara Cina ilegal di Indonesia juga buka kabar angin. Awal Oktober 2016, Ditjen Imigrasi menggelar razia WNA serempak di seluruh Indonesia. Ribuan WNA tanpa dokumen jelas, tertangkap, kebanyakan memang WN Cina. Ini belum terasuk yang tak terungkap.

Namun Hanif, dilansir Kompas, mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir, terutama dengan keluarnya Perpres 20/2018 tersebut yang bertujuan mempermudah investasi dari luar negeri masuk ke Indonesia, namun tidak menghilangkan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh TKA untuk bisa bekerja di Indonesia.

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top