What Apple's iPhone X, Apple Watch and Apple TV Releases Mean For ... Lifehacker Australia800 × 450Search by image Image: From images supplied by Apple

What Apple’s iPhone X, Apple Watch and Apple TV Releases Mean For … Lifehacker Australia800 × 450Search by image Image: From images supplied by Apple

Media bergosip, produsen juga yang menentukan. Bebulan-bulan media menduga-duga produk seperti apa yang bakal diluncurkan iPhone pada 12 September 2017. Satu yang pasti bagi media selama itu: Apple bakal meluncurkan iPhone 8. Spesifikasinya pun dispekulasikan. Tapi ketika dummy keluar, banyak yang kecele. Satu dua dugaan sesuai, seperti layar yang tanpa batas. Namun banyak juga yang meleset, terutama bahwa iPhone 8 akan menjadi ponsel Apple paling mahal. Sebenarnya hampir tak ada yang salah. Hanya saja pesifikasi yang selama ini diduga merupakan iPhone 8, ternyata iPhone X.

Kenyataannya, saat peluncuran pada 12 September lalu, alih-alih mengunggulkan iPhone 8, orang malah dibikin terpana pada iPhone X. iPhone 8 bahkan seperti gamang secara eksklusifitas dengan adanya iPhone 8 plus yang diluncurkan pada hari yang sama.

Postcomended   Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Akan Promosikan Danau Toba di ITB Asia 2017 Singapura

Semua prediksi “kecanggihan” iPhone 8 pun seperti dipindahkan semua ke iPhone X. Ihwal tanpa TouchID, tanpa tombol Home, tanpa bezel, ukuran layar 5,8 inci, serta menggunakan FaceID untuk membuka kunci ponsel, misalnya, ternyata semua ada di iPhone X.

Jika kamera yang menjadi incaran, ketiganya dibekali teknologi sama: resolusi 12 megapiksel, kamera ganda yang dilengkapi soft flash, ketiganya juga memakai chipset A11 Bionic yang 25 persen lebih cepat ketimbang A10. Selain itu, ada koneksi Bluetooth 5 dan fitur wireless charging.

Namun seperti diulas Kompas, kehadiran iPhone X agak aneh. Apple bagai loncat dari 8 ke-10, namun menggunakan simbol sepuluh dalam angka Romawi “X”, dan bukannya “10”.

Apple, sebut Kompas, seolah tidak ingin penggemar yang membeli iPhone 8 merasa minder kalau melihat ada iPhone 10, karenanya iPhone 10 diberi nama iPhone X.

Apple memang memiliki tradisi menggunakan simbol X pada produk-produk yang menurut mereka dianggap sebagai produk yang mengubah atau berbeda dari keseluruhan lini.

Postcomended   Dengan Kaos Ngepas, Boss Telegram itu Datangi Indonesia

Simak saja penggunaan nama X di produk-produk Apple, seperti Mac OS X yang jadi suksesor Mac OS 9 pada tahun 2000, lalu OS X El Capitan yang dirilis 2015. Masih ada juga software Final Cut Pro X yang mengusung nama serupa.

Mengenai harga, jika semula iPhone 8 digadang-gadang bakal menjadi ponsel Apple termahal, ternyata Apple lebih suka mengusung iPhone X sebagai ponsel paling bergengsi mereka, khususnya dari sisi harga.

Dilansir Tempo:
1. iPhone 8
– 64 GB: 699 dolar AS atau setara Rp 9,5 juta
– 256 GB: 849 dolar AS atau setara Rp 11,5 juta

2. iPhone 8 Plus
– 64 GB: 799 dolar AS atau setara Rp 10,7 juta
– 256 GB: 949 dolar AS atau setara Rp 12,8 juta

3. iPhone X
– 64 GB: 999 dolar AS atau setara Rp 13,5 juta
– 256 GB: 1.149 dolar AS atau setara Rp 15,5 juta

Postcomended   Rumah, Tempat Aman bagi Remaja Lakukan Seks Bebas (2)

Jika anda telah merencanakan membeli salah satunya, catat tanggal penjualannya berikut ini: iPhone 8 dan 8 plus udah bisa dipesan per 15 September 2017 dan baru dijual luas pada 22 September mendatang. Tersedia tiga varian warna, yakni Silver, Gold, dan Space Grey.

Sedangkan iPhone X baru masuk pre-order pada 27 Oktober 2017 dan dipasarkan secara global pada 3 November. Ponsel ini tersedia dalam dua varian warna: Silver dan Space Grey. Tidak ada warna gold.***

Share the knowledge