Internasional

Amazon Kangkangi Apple dan Google Menjadi Merek Paling Bernilai di Dunia

Share the knowledge

Jeff Bezos, CEO Amazon (gambar dari: https://www.adirondackdailyenterprise.com/news/local-news/2019/02/amazon-dumps-nyc-headquarters-and-its-promised-25000-jobs/)

Jeff Bezos, CEO Amazon (gambar dari: https://www.adirondackdailyenterprise.com/news/local-news/2019/02/amazon-dumps-nyc-headquarters-and-its-promised-25000-jobs/)

Raksasa ritel AS, Amazon, menurut satu survei terbaru, melampaui raksasa teknologi tinggi Apple dan Google sebagai merek paling bernilai di dunia. Menurut survei ini juga, Alibaba untuk pertama kalinya mengalahkan rekan senegaranya, Tencent, sebagai merek Cina paling berharga.

Survei yang dilakukan badan riset pasar global Kantar dalam laporan “100 Top BrandZ 2019”-nya yang diumumkan Selasa (11/6/2019), menyebutkan, nilai merek Amazon melonjak sebesar 52 persen menjadi 315 miliar dollar AS.

Laman AFP melaporkan, Amazon melonjak dari posisi ketiga ke posisi pertama, melampaui Google yang merosot dari posisi pertama ke posisi ketiga dengan Apple memegang posisi kedua.

Raksasa ritel yang berbasis di Seattle, AS, yang didirikan oleh Jeff Bezos di garasinya pada 1994 ini, berada di puncak berkat akuisisi kunci, layanan pelanggan yang unggul, dan model bisnis “mengganggu” sebut Kantar dalam sebuah pernyataan.

“Akuisisi pintar Amazon yang telah menyebabkan aliran pendapatan baru, penyediaan layanan pelanggan yang sangat baik, dan kemampuannya untuk tetap unggul dari para pesaingnya dengan menawarkan beragam ekosistem produk dan layanan, telah memungkinkan Amazon untuk terus mempercepat pertumbuhan nilai mereknya,” kata Kantar .

Agensi, yang dimiliki oleh grup periklanan Inggris, WPP, menambahkan, Amazon menunjukkan hanya “sedikit tanda” dari setiap perlambatan pertumbuhannya.

Postcomended   Karakter Komik di Balik Lagu "I Am The Law"-nya Anthrax

Sepuluh perusahaan teratas sekali lagi didominasi oleh perusahaan-perusahaan AS, dengan Apple pada 309,5 miliar dollar AS, Google pada 309 miliar dollar AS, dan Microsoft pada 251 miliar dollar AS.

Spesialis pembayaran, Visa, bertengger di posisi kelima terbesar dengan hampir 178 miliar dollar AS. Sedangkan grup jejaring sosial Facebook menduduki posisi terbesar keenam dengan hamper 159 miliar dollar AS.

Sementara itu, Alibaba ntuk pertama kalinya mengalahkan Tencent untuk menjadi merek Cina paling berharga. Pemimpin e-commerce Alibaba adalah terbesar ketujuh dengan $ 131,2 miliar, naik dua tempat dibanding tahun sebelumnya.

23 dari 100 Berasal dari Asia

Postcomended   9 Maret dalam Sejarah: Barbie Pertamakali Dijual di Pameran Mainan Internasional 1959

Raksasa internet Tencent jatuh tiga tempat menjadi berada di nomor delapan dengan nilai 130,9 miliar dollar AS. Sebagai tanda semakin pentingnya Asia, sebanyak 23 dari 100 merek teratas adalah Asia, termasuk 15 dari Cina.

Merek-merek terkemuka telah mengadopsi model bisnis “mengganggu” untuk mengalahkan saingan tradisional di sektor teknologi, keuangan, dan ritel.

“Pertumbuhan nilai merek fenomenal Amazon hamper 108 miliar dolar AS pada tahun lalu menunjukkan bagaimana merek sekarang kurang berlabuh pada kategori dan wilayah individu,” kata Doreen Wang, kepala global Kantar BrandZ.

Batas-batasnya kabur karena kelancaran teknologi memungkinkan merek seperti Amazon, Google dan Alibaba, untuk menawarkan berbagai layanan di berbagai titik kontak konsumen. “Menggunakan pengalaman dan keahlian konsumen mereka, merek-merek ini menyeberang ke sektor layanan bisnis, menciptakan peluang baru untuk pertumbuhan merek,” kata Wang.

Wang menjelaskan, model ekosistem yang “mengganggu” berkembang di wilayah seperti Asia, di mana konsumen lebih memungkinkan teknologi dan di mana merek mengintegrasikan diri mereka ke dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari manusia.

Postcomended   Hutan Tropis Hampir Seluas Inggris Hilang pada 2018, Indonesia Dinilai Berhasil Menekan

Nilai merek pada survei utama dihitung berdasarkan kinerja keuangan perusahaan dan kedudukan mereka di antara konsumen di seluruh dunia.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top