Debate TIA: who's better? Alibaba or Amazon! Tech in Asia720 × 336Search by image jack-ma-jeff-bezos-amazon-alibaba

Debate TIA: who’s better? Alibaba or Amazon! Tech in Asia720 × 336Search by image jack-ma-jeff-bezos-amazon-alibaba

Raksasa e-commerce, Amazon.com, mulai melirik pasar Asia Tenggara. Sodokan awal dilakukan di Singapura dengan meluncurkan aplikasi Prime Now. Jeff Bezos, boss Amazon, rupanya tak ingin membiarkan Jack Ma, boss Alibaba, menyicipi sendiri laba dari kawasan berpenduduk 620 juta jiwa ini.

Internet mengambil tidak lebih dari lima persen transaksi ritel saat ini, namun pertumbuhannya diramalkan akan pesat. Asia Tenggara dengan jumlah penduduk 620 juta orang, merupakan pasar besar bagi e-commerce.

Menurut laporan yang dibuat Google dan Temasek tahun 2016, e-commerce di kawasan ini diyakini akan tumbuh dari 5,5 juta dolar pada 2015 menjadi 87,8 juta dolar pada 2025.

Postcomended   Diduga Kesurupan, Korban Obat PCC Sempat Dibawa ke Dukun

Amazon tampaknya mulai menyadari itu. Kendati begitu, perusahaan e-commerce asal Amerika Serikat ini mungkin akan menghadapi perlawanan berat dari grup Alibaba yang sudah menguasai pasar Asia Tenggara lebih dulu lewat Lazada.

Dilansir Techinasia, para pelaku usaha menduga Amazon memilih Singapura lebih dulu karena melihat kondisi pasar Singapura yang sudah lebih mirip dengan pasar negara barat tempat Amazon besar, baik dari daya beli maupun budaya konsumennya.

Postcomended   Menteri Pariwisata Arief Yahya menerima audiensi Walikota Tasikmalaya Budi Budiman

Share the knowledge