Golden State Killer Crime and Capital Punishment Forum

Golden State Killer Crime and Capital Punishment Forum

Seorang pelaku pembunuhan berantai di Amerika Serikat (AS) yang kasus-kasusnya terkenal di tahun 1980-an, baru tertangkap Selasa (24/4/2018) malam lalu. Selama waktu itu, seorang penulis telah menyelesaikan satu buku tentang dia hingga sang 

penulis meninggal. Buku yang belum selesai itu dilanjutkan oleh suaminya, dan kini menjadi salah satu buku terlaris di AS. Tak hanya itu, aksi kejahatan berantai yang selama ini dikenal sebagai “Golden State Killer” (dan dua julukan lainnya) ini, sudah dibuat film dokumenternya; hingga adanya penawaran hadiah 50.000 dolar AS bagi yang bisa menangkapnya.

“Saya pikir kamu sudah menangkapnya, Michelle,” kata Patton Oswalt di Twitter, Rabu. Oswalt adalah suami Michelle McNamara, penulis yang terobsesi pada kasus “Golden State Killer”. Mcnamara menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menelitinya, dan kemudian menuliskannya dalam artikel untuk majalah Los Angeles. Dia lalu mengubah artikelnya itu menjadi sebuah buku, namun keburu meninggal pada 2016. Duda nya, komedian dan aktor Patton Oswalt, membantu menyelesaikan buku tersebut, yang sekarang menjadi buku terlaris.

Dalam salah satu catatan kejahatan yang dilakukannya pada 1980-an itu, pembunuh ini disebutkan sebagai orang yang memiliki pelatihan militer atau penegak hukum. Rabu lalu, pihak berwenang akhirnya menangkap pelaku “serial killer” ini yang ternyata seorang mantan perwira polisi bernama Joseph James DeAngelo Jr., yang telah berusia 72 tahun.

Menilik jumlah korbannya yang banyak, DeAngelo disebut sebagai salah satu pembunuh berantai dan pemerkosa paling produktif di California. Sheriff Sacramento County, Scott Jones, kepada wartawan Rabu, mengatakan, sebuah gugus tugas lokal dan federal pada Selasa malam telah menangkap tersangka setelah melalui proses pengawasan dan petunjuk dari DNA.

Dalam 40 tahun sejak peristiwa pembunuhan berantai lainnya yang kala itu dijuluki Original Night Stalker, memulai teror di Sacramento dan pindah ke selatan melalui Bay Area dan Santa Barbara serta Orange County, De Angelo tetap tidak teridentifikasi.

Postcomended   Forum Merdeka Barat, "Menghitung Dampak Ekonomi Asian Games 2018"

Pihak berwenang mengatakan, penyerang yang juga dijuluki “east area rapist” ini, bertanggung jawab atas 12 pembunuhan, 45 perkosaan dan lebih dari 120 perampokan tempat tinggal dari tahun 1976 hingga 1986.

Warga Citrus Heights ini dituntut oleh jaksa di Sacramento, Ventura dan Orange County, dengan delapan tuduhan pembunuhan. Dia ditahan tanpa jaminan, menurut catatan penjara.
Tersangka adalah seorang perwira polisi di Auburn selama 1970 tetapi dipecat setelah ia dituduh mengutil palu dan pengusir anjing, menurut sebuah artikel surat kabar tahun 1979. Dia dicurigai melakukan beberapa kejahatan saat dia masih di kepolisian.

Petunjuk untuk penangkapan Selasa itu berasal dari kasus pembunuhan suami istri Brian dan Kate Maggiore, yang tewas di Sacramento County pada 1978; serta kasus pembunuhan Lyman dan Charlene Smith di Ventura County pada 1980. Sementara di Orange County total ada empat tuduhan pembunuhan terhadap DeAngelo pada 1980-an.

Kejahatan terakhir yang dilakukan DeAngelo yang diketahui terkait dengan kasus Original Night Stalker, terjadi pada tahun 1986. Meski empat dekade berlalu, tetapi upaya pengungkapan oleh keluarga korban tak berhenti. Pada 2004, pemilih California meloloskan inisiatif, yang dibiayai oleh saudara dari salah satu korban, yang mewajibkan pengumpulan sampel DNA terhadap orang-orang yang dihukum –atau bahkan ditangkap– dalam kasus-kasus kejahatan.

Pada 1978, pembunuh berantai itu menyerang korban di Oakland, Danville dan Walnut Creek. Pada 1979, dia membunuh dua di Goleta, dan dua tahun kemudian membunuh pasangan lain di kota Santa Barbara County. Pihak berwenang pada 2011 menunjuk bukti DNA dari pembunuhnya dalam pembantaian Cheri Domingo (35) dan Gregory Sanchez (27) pada 1981. Dan mereka mencocokkan bukti itu dengan DNA dari TKP lainnya.

Postcomended   Daripada Keburu Osteoporosis, Mending Perhatikan 7 Hal Ini

Sanchez ditembak dan dipukul. Domingo tewas karena cedera kepala parah. Beberapa rincian mengerikan cocok dengan korban di TKP lain yang terkait dengan Original Night Stalker: Sanchez dan Domingo tinggal di lingkungan kelas atas dan terbunuh di tempat tidur. Tangan Domingo diikat, seperti juga korban di TKP lain.

Pihak berwenang mengatakan, pembunuhnya kadang-kadang menempatkan cangkir atau piring di punggung korban sehingga dia bisa mengetahui jika korbannya terlepas. Pelaku kala itu digambarkan memiliki tinggi 5,9 kaki (sekitar 180cm), dengan rambut pirang atau kemerahan. Dia juga disebut seperti memiliki keahlian dalam militer atau penegakan hukum.

Sebelum DeAngelo dikenal sebagai Original Night Stalker –dinamakan demikian untuk membedakannya dari Richard Ramirez, pembunuh berantai yang dijuluki Night Stalker yang meneror wilayah Los Angeles pada pertengahan 1980-an– pembunuhnya dikaitkan pada tidak kurang dari 52 serangan seksual di Sacramento County dan Bay Area.

Bagai Mencari Jarum di Tumpukan Jerami

Saat pengacara distrik Sacramento County, FBI dan Departemen Sheriff mengumumkan penangkapan tersangka dalam konferensi pers yang digelar Rabu sore, mereka menggambarkan upaya penangkapan De Angelo seperti mencari jarum di tumpukan jerami. “Dan jarum itu ada di sini, di Sacramento County,” kata pengacara distrik, Anne Marie Schubert.

Selain dakwaan yang diajukan di Sacramento County dan Orange County, pengacara distrik Tony Rackauckas mengumumkan bahwa kantornya mengajukan pada Rabu empat tuduhan kejahatan pembunuhan terhadap DeAngelo.

Jaksa menuduh DeAngelo membunuh suami istri Keith dan Patrice Harrington pada 1980 di Dana Point, dan menuduhnya melakukan perkosaan pada 1981 dan pembunuhan seorang wanita berusia 28 tahun di Irvine dan pemerkosaan dan pembunuhan tahun 1986 pada wanita berusia 18 tahun, juga di Irvine.

Postcomended   10 Atlet Voli Indonesia Ini Punya Wajah yang Cantik Bak Model

“Sudah waktunya bagi korban untuk mulai sembuh,” kata Bruce Harrington, saudara laki-laki korban Keith Harrington, dan salah satu dari mereka yang membantu membiayai inisiatif pemilih untuk pengumpulan DNA para pelaku kejahatan yang tertangkap.

Jennifer Carole, putri korban Lyman Smith, mengatakan, “Selama ini saya pikir dia sudah mati,” kata Carole. Mengetahui bahwa pelaku tinggal di Sacramento, tempat semua keluarganya tinggal, itu tidak bisa dipercaya, kata Carole.

Para tetangga DeAngelo mengaku akrab dengan kisah “Golden State Killer” tapi tetap terkejut mengetahui tersangka tinggal di antara mereka. Mereka mengatakan, tidak akan pernah melihat rumah (DeAngelo) dengan cara yang sama lagi.

Jack Haddad (51) mengaku teratur berjalan-jalan dengan istri dan tiga anaknya melewati rumah DeAngelo. Bahkan dia mengatakan baru-baru ini menonton film dokumentasi tentang Golden State Killer. “Saya tahu ada hadiah 50.000 dolar,” kata Haddad. Dia terkejut karena selain butuh waktu begitu lama untuk menyelesaikan kasus ini, juga tak habis pikir jika sesuatu yang mengerikan bisa terjadi begitu dekat dengan siapapun.(***/losangelestimes)

Share the knowledge