Keluarga

Anak Angkat Mia Farrow yang Menikahi “Ayahnya” Buka Suara Tentang Ibu Angkatnya #HariAyahNasional

Woody Allen and Mia Farrow (holding baby Dylan) with Soon-Yi Previn (right) in 1986. Picture: SuppliedSource:Supplied

Woody Allen and Mia Farrow (holding baby Dylan) with Soon-Yi Previn (centre) in 1986. Picture: SuppliedSource:Supplied

Soon-Yi Previn memecah keheningannya untuk membela suaminya, Woody Allen, terhadap tuduhan penganiayaan. Dia juga menuduh ibu angkatnya, Mia Farrow, menyalahgunakannya secara emosional dan fisik dirinya sebagai seorang anak. Previn, yang berasal dari Korea Selatan, diadopsi oleh Farrow pada usia 6. Hubungan seksualnya dengan ayah angkatnya, 35 tahun lebih tua, memicu kemarahan global ketika terungkap pada awal 1990-an – ketika Previn berumur 21.

Dalam wawancara langka dan kontroversial yang diterbitkan Minggu (16/9/2018) di majalah New York Vulture, Previn –seperti dilaporkan CNN– membuka tentang hubungannya dengan Allen –yang merupakan mitra Farrow untuk jangka waktu yang signifikan sementara Previn tumbuh dewasa– dan mengatakan bahwa ibunya “tidak pernah baik bagi saya, tidak pernah ramah.”

Pada waktu yang hampir bersamaan, Allen menghadapi tuduhan melecehkan Dylan Farrow yang berusia 7 tahun, anak angkat Farrow lainnya. Allen selalu membantah tuduhan itu dan tidak dituntut.
Dalam wawancara, Previn menuduh Mia Farrow mendorong Dylan untuk berbicara dan mengeksploitasi gerakan #MeToo untuk membalas dendam kepada mantan suaminya.

“Apa yang terjadi pada Woody begitu mengesalkan, sangat tidak adil,” kata Previn. “(Mia) telah mengambil keuntungan dari gerakan #MeToo dan mengarak Dylan sebagai korban. Dan generasi baru sepenuhnya mendengar tentang hal itu ketika mereka seharusnya tidak melakukannya.” Gerakan #MeToo adalah gerakan mengajak para korban kekerasan seksual untuk berani berjuang menuntut keadilan.

Postcomended   17 November dalam Sejarah: Britney Spears Termuda Raih "Walk of Fame", Charlie Sheen Mengaku Positif HIV

Dalam sebuah pernyataan yang diposting ke Twitter, Dylan Farrow menolak tuduhan Previn. Dia mengatakan bahwa ibunya tidak pernah melatihnya (untuk bersuara) dan bahwa tidak ada orang yang mengarak dia sebagai korban. “Saya terus menjadi seorang wanita dewasa yang membuat tuduhan yang kredibel tidak berubah selama dua dekade, didukung oleh bukti,” tulisnya.

Peneliti menyimpulkan pada waktu itu bahwa Farrow tidak disalahgunakan, menurut The New York Times, yang meliput proses penahanan setelah Allen mengajukan hak asuh ketiga anaknya dengan Mia Farrow pada tahun 1992.

Dalam artikel di Vulture tersebut, Previn juga mengklaim bahwa Farrow adalah seorang ibu yang lalai dan kasar yang menggunakan dia dan saudara perempuan angkatnya (Dylan) sebagai “pembantu rumah tangga” yang digunakan untuk memasak, membersihkan dan berbelanja untuk keluarga, sementara Farrow mengerjakan scrapbook dan ngobrol dengan teman-temannya di teleponnya.”

Menurut Previn, Farrow sering marah padanya karena tingkat bahasa Inggrisnya yang buruk.
Previn berkata Farrow pernah menyarankan agar dia dikirim ke “rumah sakit jiwa” karena dia tidak melakukan apa yang diminta ibunya. Di lain waktu, dia berkata Farrow melemparkan kelinci porselen ke kepalanya, karena frustrasi.

Previn mengatakan dia datang ke AS dari Korea Selatan tanpa mengetahui kata-kata bahasa Inggris dan Farrow akan menjadi tidak sabar dengannya, menurut artikel itu. “Dia mencoba mengajari saya alfabet dengan balok-balok kayu itu. Jika saya tidak mengikutinya dengan benar, kadang-kadang dia melemparkannya ke saya atau ke lantai. Siapa yang bisa belajar di bawah tekanan itu?”

Postcomended   Suara Bono Mendadak Raib di Tengah Konser di Jerman

Previn mengatakan dia memiliki ketidakmampuan belajar, tetapi sejak awal hal itu menyebabkan perselisihan dengan ibunya. “Mia biasa menulis kata-kata di lenganku, yang memalukan, jadi aku selalu memakai baju berlengan panjang. Dia juga akan memintaku terbalik, memegangku dengan kedua kakiku (di atas), agar darah mengalir ke kepalaku. Karena dia berpikir – atau dia membacanya, Tuhan tahu di mana dia muncul dengan gagasan – bahwa darah yang masuk ke kepala saya akan membuat saya lebih pintar atau apapun,” klaim Previn.

Ketika ditanya tentang ingatan positif tentang ibunya, Previn mengatakan bahwa dia benar-benar tidak bisa mendapatkan ingatan yang menyenangkan. Sementara adik laki-laki Previn, Moses Farrow, juga menuduh ibu mereka berperilaku kasar, sementara saudara-saudara lainnya termasuk Dylan dan Ronan secara konsisten membelanya.

“Saya berhutang segalanya kepada Mia Farrow,” Ronan, seorang wartawan yang telah banyak dilaporkan di #MeToo, menulis di Twitter sebagai tanggapan atas artikel Vulture. “Dia adalah seorang ibu yang berbakti yang (bersedia) pergi ke neraka untuk keluarganya, semua sambil menciptakan rumah yang penuh kasih untuk kita.”

Menggemakan adik perempuannya, Ronan juga mengutuk artikel itu sendiri, menggambarkannya sebagai “pekerjaan sukses” dan menuduh Vulture mengkhianati standar jurnalistik.
Dalam pernyataan bersama, delapan anak-anak Farrow –tidak termasuk Soon-Yi Previn dan Moses Farrow– menggambarkannya sebagai “kepedulian dan pemberian” dan menuduh Previn “tidak adil” menyerangnya.

Postcomended   Anak Perempuan Michael Jackson Kesal Dikaitkan dengan Kasus Demi Lovato

“Kami mencintai dan berdiri untuk ibu kami, yang selalu menjadi orang tua yang peduli dan memberi. Tidak ada satu pun dari kami yang pernah menyaksikan apa pun selain perlakuan belas kasih di rumah kami, itulah sebabnya mengapa pengadilan memberikan hak asuh tunggal kepada ibu kami dari semua anak-anaknya. Kami menolak segala upaya untuk membelokkan tuduhan Dylan dengan mencoba menjelek-jelekkan ibu kami. Sementara kami lebih suka tidak harus berbicara secara terbuka tentang masa menyakitkan ini dalam hidup kami, kami juga tidak bisa diam karena dia sekali lagi diserang secara tidak adil.”

Ketika dihubungi oleh CNN, perwakilan Mia Farrow menolak berkomentar tentang tuduhan Previn dan merujuk pada pernyataan dukungan dari anak-anak Farrow.***

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top