sumber gambar: Lifehacker Australia

Dalam waktu dekat produsen ponsel tampaknya akan menciptakan ponsel yang bisa dilipat dan diselipkan di saku belakang jeans Anda layaknya kertas. Tentu saja tidak seaneh itu, namun apa yang akan dirilis produsen ponsel ini pada tahun depan, cukup mencengangkan; hingga tak bisa membayangkan bakal ada yang lebih canggih lagi dari ini.

Produsen ponsel asal Korea Selatan, Samsung, tahun depan berharap Anda akan menghabiskan ribuan dolar untuk telepon lipat mutakhirnya: Galaxy X. Wall Street Journal melaporkan seperti diteruskan TechRadar, smartphone dengan nama kode “Winner” ini adalah perangkat yang dapat ditekuk dan dilipat sepenuhnya, yang bila datar akan menjadi ukuran tablet kecil.

Satu sumber mengatakan, perangkat ini akan diluncurkan pada awal 2019. Ini sejalan dengan laporan sebelumnya yang menunjukkan bahwa Samsung berharap akan meluncurkan perangkat selama Mobile World Congress pada Februari 2019.

Galaxy X dilaporkan akan berukuran tujuh inci secara diagonal dalam posisi datar. Sebagai perbandingan ukuran, tablet iPad Mini 4 berukuran 7,9 inci secara diagonal. Agar pas di saku Anda, ponsel ini dapat dilipat dua, “seperti dompet”.

Postcomended   Memakai Kaus 2019 Ganti Presiden Melanggar Hukum? Benarkah itu?

Satu sisi smartphone ini akan merupakan layar utamanya, sementara bagian belakangnya juga akan menampilkan “bar layar” sekunder di satu sisi yang dilipat, dan kamera di sisi lain. Paten Samsung dan rendering-nya (proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan), telah lama mengisyaratkan penciptaan smartphone lipat.

Dalam satu paten 2017, Samsung mendeskripsikan layar lipat yang akan bergantung seperti ponsel flip. Dalam paten lain, Samsung menunjukkan bagaimana bagian “home interface” secara otomatis akan tersebar di dua layar saat ponsel dilipat.

Samsung menargetkan smartphone ini pada demografi para gamer yang lebih hardcore, kata laporan itu, sebelum mencoba menjangkau khalayak yang lebih luas di tahun 2019. Namun, informasi harga gawai anyarnya ini mungkin akan membuat pembeli biasa, minggat.

Samsung dilaporkan akan memaksa peminatnya merogoh kocek dalam-dalam, hingga lebih dari 1.500 dolar AS (sekitar Rp 20 juta). Namun ini bukan pertama Samsung membanderol harga setara gawai terbaru ini untuk gadget-nya. Sebelumnya mereka telah menjual Galaxy Note 8 maupun Galaxy S9 Plus yang  mendekati harga ini.

Postcomended   Pulang Kampung, Sutradara Hollywood Asal Indonesia Rilis Film “Blitar”

Dalam laporan yang sama, Wall Street Journal juga mengklaim bahwa speaker Bixby Samsung akan secara resmi diumumkan bulan Agustus ini (2018), selama acara Samsung Unpacked di New York City, AS.

Revolusi ponsel cerdas lipat?
Mempertimbangkan kesamaan Galaxy X dengan 3DS 3D yang dapat dilipat (tetapi tidak bisa ditekuk), layar split ini bisa dipastikan menarik sebagai platform game. Saat ini, hanya satu smartphone yang dapat dilipat di pasaran: ZTE Axon M, yang memiliki engsel, tetapi bukan layar yang bisa ditekuk.

Namun, perusahaan teknologi besar lainnya berlomba mengejar ketinggalan dari Samsung dan merilis smartphone yang dapat ditekuk. Huawei misalnya, mungkin sebenarnya melebihi Samsung untuk meluncurkan perangkat andalannya yang dapat dilipat.

Desas-desus terbaru menunjukkan Huawei akan memamerkan ponsel fleksibel yang masih tanpa nama pada November ini, yang ditujukan untuk peluncuran awal 2019. Perangkatnya mungkin menggunakan teknologi layar fleksibel LG. Perusahaan-perusahaan besar lainnya, di sisi lain, terlihat lebih mungkin untuk menjual perangkat yang dapat dilipat pada 2020 atau lebih awal.

Postcomended   RoboFly, Robot Lalat Canggih Bertenaga Laser

Apple telah mematenkan layar lipat sendiri, tetapi seorang analis top yakin Apple menargetkan peluncurannya pada 2020 untuk perangkat seperti itu. Sony dan Lenovo, juga telah mengisyaratkan teknologi layar lipat, namun belum ada gambaran kapan akan diluncurkan.***

 

Share the knowledge