Jarak Bumi ke Matahari secara umum adalah 149,6 juta km

Di saat beberapa wilayah di belahan Bumi utara mengalami gelombang panas mematikan, kawasan tropis dalam beberapa hari terakhir ini malah lebih dingin dari biasanya meskipun cuaca cerah dan matahari bersinar terik. Apa yang terjadi? Dalam catatan laman Time and Date, jarak Bumi saat ini, tepatnya 6 Juli 2018, sedang dalam posisi paling jauh dengan Matahari alias aphelion. Apa Artinya?Mengutip data dari laman tersebut, jika dibandingkan dengan kondisi terdekat Bumi dengan Matahari (perihelion) pada 3 Januari 2018 lalu, terdapat perbedaan jarak yang cukup signifikan dengan jarak hari ini (6/7/2018), yakni mencapai 4.998.333 km.

Artinya, posisi matahari saat ini sedang menjauh dari Bumi dibanding pada Januari 2018. Tak heran jika suhu terasa lebih dingin dari biasanya meskipun kemarau sedang berada di pertengahan musimnya.
Pada posisi perihelion 3 Januari silam, jarak Bumi dengan matahari mencapai 147.097.233 km. Sedangkan pada posisi aphelion yang dipercaya akan jatuh pada 6 Juli 2018 malam (untuk Indonesia diwakili Jakarta yang akan terjadi ada pukul 23.46), jaraknya menjauh menjadi 152.095.566 km.

Perihelion dan Aphelion
Lebih jauh mengenai perihelion da aphelion: secara harfiah aphelion artinya adalah jarak terjauh yang dicapai Bumi dalam orbitnya mengelilingi Matahari. Sedangkan perihelion kebalikannya, yaitu jarak orbit Bumi terdekat dengan Matahari.

Postcomended   Pendiri Tesla dan DeepMind Desak PBB Cegah Pengembangan Robot Pembunuh

Mengapa bisa ada jarak terdekat dan terjauh? Laman Time and Date menulis, sekitar setiap 100.000 tahun, jalur orbit Bumi berubah dari hampir melingkar menjadi elips. Perbedaan bentuk orbital Bumi dari lingkaran sempurna dikenal sebagai keeksentrisannya. Nilai eksentrisitas 0 adalah orbit melingkar, sementara nilai antara 0 dan 1 menggambarkan orbit elips.

Bumi paling dekat dengan Matahari, atau di perihelion, adalah sekitar dua minggu setelah Solstice Desember, ketika belahan Bumi utara sedang mengalami musim dingin. Sedangkan Bumi terjauh dari Matahari, alias aphelion, adalah dua minggu setelah Solstice Juni, yakni ketika belahan Bumi Utara menikmati musim kemarau yang panas.

Tanggal ketika Bumi mencapai titik ekstrem pada orbitnya tidak tetap karena variasi dalam eksentrisitasnya. Pada 1246, Solstice Desember adalah pada hari yang sama ketika Bumi mencapai Perihelionnya.

Postcomended   500 Juta Tahun Setelah "Ledakan Besar", Bintang Pertama Mulai Berkedip

Sejak itu, tanggal Perihelion dan Aphelion telah berlalu setiap hari selama 58 tahun. Dalam jangka pendek, tanggal dapat bervariasi hingga dua hari dari satu tahun ke tahun lainnya.

Para matematikawan dan astronom memperkirakan bahwa lebih dari 4000 tahun dari sekarang, yakni pada tahun 6430, waktu Perihelion dan Equinox Maret akan bertepatan.

Perihelion dan Aphelion berasal dari bahasa Yunani kuno: “peri” berarti dekat, “apo” berarti jauh, dan “helios” berarti Matahari. Kata-kata ini digunakan dalam astronomi untuk merujuk pada titik terdekat dan terjauh dari orbit objek apa pun yang berputar mengelilingi Matahari.***

Share the knowledge