Internasional

Angkatan Laut AS Benarkan Keaslian Video UFO yang Dirilis Baru-baru Ini

Share the knowledge

Video penampakan UAP (UFO) yang viral karena disebutkan sebagai video asli oleh angkatan laut AS (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=6rWOtrke0HY)

Video penampakan UAP (UFO) yang viral karena disebutkan sebagai video asli oleh angkatan laut AS (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=6rWOtrke0HY)

Seorang pejabat di Angkatan Laut AS telah mengonfirmasi, video yang baru-baru ini dirilis tentang objek terbang yang tidak dikenal (untuk tak menyebut UFO) adalah nyata. Namun rekaman itu sebenarnya tidak diizinkan dirilis ke publik. 

Joseph Gradisher, juru bicara Wakil Kepala Operasi Navy (Angkatan Laut AS) untuk Informasi Warfare, mengonfirmasi kepada TIME bahwa tiga video yang dibagikan secara luas, menangkap Fenomena Udara Tak Dikenal (UAP/unidentified aerial phenomena).

Gradisher awalnya mengonfirmasi ini dalam sebuah pernyataan kepada “The Black Vault” sebuah situs web yang didedikasikan untuk dokumen-dokumen pemerintah yang tidak dideklasifikasikan (tidak lagi rahasia). “Angkatan Laut menunjuk benda-benda yang ada dalam video ini sebagai fenomena udara tak dikenal,” kata Gradisher kepada situs tersebut.

Dia mengatakan kepada TIME bahwa dia “terkejut” oleh liputan pers seputar pernyataannya ke situs tersebut, khususnya di sekitar klasifikasi serangannya sebagai “tidak dapat diidentifikasikan”, tetapi mengatakan bahwa dia berharap hal itu menyebabkan UAP “didestigmatisasi” (tidak diberi stigma).

“Alasan mengapa saya membicarakannya adalah untuk mengembalikan keseriusan masalah ini,” kata Gradisher. “Semakin saya berbicara, semakin banyak penerbang dan semua layanan kami yang lebih bersedia untuk maju.”

Bisa Jadi Hanya Drone

Postcomended   Vokalis LinkinPark "Memilih" Mati di Tanggal Lahir Sahabatnya

Gradisher tidak akan berspekulasi tentang apa objek yang tidak dikenal yang terlihat dalam video itu, tetapi mengatakan bahwa mereka biasanya terbukti sebagai objek biasa seperti drone; bukan pesawat ruang angkasa alien. “Frekuensi serangan telah meningkat sejak dimulainya drone dan quadcopters,” katanya.

Pada Desember 2017 dan Maret 2018, tiga video UFO diterbitkan oleh New York Times dan “To the Stars Academy of Arts and Science”, suatu “korporasi kepentingan publik” yang digambarkan sendiri yang didirikan oleh Tom Delonge, yang dikenal sebagai vokalis dan gitaris untuk band rock Blink-182.

Video pertama, yang dikenal sebagai “rekaman GIMBAL” menunjukkan pertemuan 2004 di dekat San Diego antara jet tempur Angkatan Laut dan fenomena udara yang tidak dikenal.

Video ini ditampilkan dalam sebuah kisah pada Desember 2017 oleh New York Times tentang “Program Identifikasi Ancaman Dirgantara AS” Departemen Pertahanan (Pentagon), yang mempelajari video pertemuan antara fenomena udara tak dikenal dan pesawat militer AS.

Postcomended   Ilmuwan Temukan Metode Baru Ukur Kecepatan Pertumbuhan Alam Semesta

Menurut Gradisher, penyelidikan terhadap benda-benda tak dikenal didorong oleh bahaya yang ditimbulkannya pada pilot. “Serbuan (oleh fenomena udara tak dikenal) ini merupakan bahaya keselamatan bagi penerbang dan masalah keamanan untuk operasi,” katanya kepada TIME.

Navy, kata Gradisher, sedang menyelidiki serangan yang terlihat di tiga video tersebut, seraya menambahkan bahwa penampakan “sering terjadi”.

Gradisher menjelaskan kepada Black Vault mengapa Angkatan Laut lebih suka istilah “fenomena udara yang tidak dikenal” daripada “UFO”. Terminologi ‘Fenomena Udara Tidak Dikenal’, jelas Gradisher, digunakan karena menyediakan uraian dasar untuk penampakan/pengamatan tak sah/pesawat tak dikenal/objek yang pernah diamati masuk/tidak dikenal yang telah diamati memasuki/beroperasi di wilayah udara dari berbagai rentang pelatihan yang dikendalikan militer,” katanya kepada situs tersebut.

Gradisher juga melanjutkan dengan mengatakan bahwa video yang diterbitkan pada Mei oleh New York Times ini tidak disetujui untuk dirilis oleh pemerintah AS, meskipun ada klaim dari “To the Stars Academy of Arts dan Science”.

“Navy belum merilis video ke masyarakat umum,” katanya kepada The Black Vault. Gradisher mengatakan kepada TIME bahwa Angkatan Laut sadar bahwa video 2004 tersebut dibagikan dan diposting secara daring oleh anggota kru, tetapi tidak dapat menjelaskan bagaimana dua video lainnya dirilis.

Postcomended   Peristiwa 9/11 Bikin Warga Korea Penasaran pada Islam

Dia mengatakan, ada sangat banyak investigasi yang sedang berlangsung atas objek yang terlihat di video itu. Menanggapi laporan pernyataan Gradisher, “To the Stars Academy of Arts dan Science” mengunggah sebuah posting Facebook yang mengatakan, “Angkatan Laut AS secara resmi mengakui bahwa UFO adalah nyata dan melanggar wilayah udara Amerika.”***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top