Lifestyle

Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Makan Pisang Setiap Hari?

sumber gambar: https://africafeeds.com/2018/09/03/nigerian-man-hangs-himself-over-banana/

sumber gambar: https://africafeeds.com/2018/09/03/nigerian-man-hangs-himself-over-banana/

Relatif murah namun memiliki banyak keuntungan untuk kesehatan tubuh. Sarat dengan potasium sehat, serat, vitamin C, dan B6, buah tropis ini baik jika dikonsumsi setiap hari –meskipun untuk kondisi tertentu buah ini tidak disarankan untuk semua orang. Apa yang Terjadi pada tubuh jika makan pisang setiap hari? Laman Health and Human Research merincinya:

Sumber Potasium/Kalium yang Lezat

Kalium adalah nutrisi penting yang ditemukan di setiap sel tubuh, digunakan untuk menghasilkan muatan listrik yang membuat sel berfungsi dengan benar. Ini juga membantu menjaga detak jantung tetap stabil, memicu pelepasan insulin untuk mengontrol gula darah, dan mendukung tekanan darah yang optimal.

Orang dewasa yang sehat dianjurkan untuk mengonsumsi antara 3.500-4.700 mg mineral yang juga disebut potasium ini, per hari, tergantung pada gaya hidup dan faktor lainnya. Pisang rata-rata mengandung sekitar 450 mg nutrisi penting ini.

Pisang Mendukung Tekanan Darah yang Sehat

Sebagian besar dari kita berpikir terutama tentang sodium (garam) ketika kita ingin menurunkan tekanan darah. Pada kenyataannya, itu adalah keseimbangan natrium dan kalium yang mendukung tekanan darah yang sehat.

Postcomended   Seorang Pria Tewas Tertusuk Rokok Elektronik yang Meledak

Diperkirakan bahwa kurang dari 2% dari semua orang dewasa AS memenuhi asupan harian potasium yang disarankan, yang berarti bahwa keseimbangan penting ini jauh dari tercapai bagi sebagian besar dari kita.

Risiko Kanker Turun

Makan banyak buah dan sayuran segar menurunkan risiko kanker secara keseluruhan karena makanan ini kaya nutrisi tanpa tambahan garam yang mengganggu, gula rafinasi, pengawet kimia, dan pewarna makanan.

Pisang khususnya adalah sumber vitamin C yang baik, yang membantu untuk menurunkan pembentukan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan seratnya yang tinggi juga dianggap mengurangi risiko kanker kolorektal.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sodium juga berdampak negatif pada jantung. Meningkatkan potasium sambil mengurangi sodium mungkin merupakan perubahan paling penting yang dapat Anda buat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular ini.

Satu penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi setidaknya 4.069 mg kalium per hari memiliki risiko kematian yang mengejutkan 49% lebih rendah dari penyakit jantung iskemik daripada mereka yang mengonsumsi kurang dari 1.000 mg. Pisang meningkatkan kesehatan jantung dengan cara lain juga: serat, vitamin C dan B6 pada pisang sangat penting untuk jantung yang kuat.

Postcomended   Merasa Lebih Muda Dibanding Usia Asli, Memengaruhi Kesehatan Otak

Pengentas Masalah Pencernaan

Dokter masih merekomendasikan diet BRAT (pisang/banana, nasi/rice, apel/apple, dan roti panggang/toast) untuk penderita gangguan pencernaan. Tidak hanya karena pisang relatif hambar dan mudah dicerna, buah ini juga menggantikan elektrolit penting seperti kalium yang hilang dalam jumlah besar selama serangan diare. Kandungan serat pisang juga membantu meningkatkan keteraturan (buang air besar).

Siapa yang Tidak Harus Makan Pisang Setiap Hari?

Orang yang memakai beta blocker untuk penyakit jantung harus makan pisang dalam jumlah sedang karena beta blocker menyebabkan kadar potasium meningkat. Terlalu banyak potasium juga berbahaya bagi orang yang ginjalnya tidak berfungsi secara optimal.

Juga diduga pisang dapat memicu migrain pada orang yang rentan terhadap mereka. Jadi taruh setengah pisang setiap hari jika Anda orang yang ada di risiko ini.

Overdosis Pisang

Jumlah yang kalium harian yang disarankan bervariasi untuk setiap orang, tetapi secara umum, Anda akan perlu makan sekitar 7 atau 8 pisang untuk mendapatkan semua potasium harian Anda dari sumber itu saja.

Postcomended   Obat Kanker Payudara Ini Hanya Rp 200 Per Hari

Dan sementara terlalu banyak potasium dapat memiliki efek buruk pada jantung Anda, masih dibutuhkan sekitar 400 pisang sehari bagi orang yang sehat untuk mencapai zona bahaya itu.***

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top