Kota NEOM akan Dipenuhi Teknologi Robotik dan Hiburan ... Hidayatullah.com630 × 373Search by image Kota NEOM akan Dipenuhi Teknologi Robotik dan Hiburan

Kota NEOM akan Dipenuhi Teknologi Robotik dan Hiburan … Hidayatullah.com630 × 373Search by image Kota NEOM akan Dipenuhi Teknologi Robotik dan Hiburan

Bersamaan dengan pengumuman mengejutkan bahwa Arab Saudi akan menjadi negara Islam yang moderat dan menyingkirkan extremisme dan radikalisme, Putra mahkota Arab Saudi, Muhammad bin Salman, mengerucutkan niatnya membangun sebuah kota super modern; kota yang akan bersinar di pesisir Laut Merah, dimana para pengusaha akan merancang peraturan dan “mempekerjakan” robot lebih banyak daripada manusia.

Kota ini diberinya nama NEOM, kota metropolitan yang dirancang untuk bisa menjadi perusahaan publik.

Tak seperti kota-kota seperti Dubai, Shanghai, dan Abu Dhabi, negara (yang masih) kaya minyak ini akan membatasi diri pada zona industri dan pusat keuangan.

Megalopolis ini akan mencakup luas 26.500 km persegi, termasuk 468 km dari pantai. NEOM akan berbatasan dengan Yordania, terdapat akses untuk melintasi Laut Merah ke Mesir, dan biaya 500 miliar dolar AS untuk membangun; idenya hampir gila, tapi itu juga keindahannya.

“Proyek ini akan menjadi tanah masa depan, di mana pikiran dan talenta yang hebat dapat menciptakan gagasan yang mematahkan dan berpikir di luar kotak, di dunia nyata yang terinspirasi oleh imajinasi,” ujar Dana Investasi Publik Saudi, yang akan mengawasi investasi kerajaan tersebut.

“Jika itu tidak cukup ambisius, NEOM akan tanpa ragu melakukan go public,” ujar sang putra mahkota kepada Reuters, Rabu (25/10/17) di Riyadh. “Seolah-olah Anda mengapung di kota New York,” khayalnya.(***/reuters)