Tidur Bebas Radiasi, Begini Cara Meletakkan Handphone Anda - Tribun ... Tribun Timur - Tribunnews.com Tidur Bebas Radiasi, Begini Cara Meletakkan Handphone Anda

Tidur Bebas Radiasi, Begini Cara Meletakkan Handphone Anda – Tribun … Tribun Timur – Tribunnews.com Tidur Bebas Radiasi, Begini Cara Meletakkan Handphone Anda

Guna ponsel adalah untuk berkomunikasi jarak jauh tanpa harus bertatap muka. Pada awalnya fungsi tersebut sudah sangat canggih, sehingga kita bisa terhubung dengan semua orang di seluruh dunia. Namun kini fungsi ponsel sudah bertambah banyak dan juga diimbangi dengan efek buruk Ponsel, utamanya untuk anak.

Orangtua terlalu sibuk untuk bekerja, sehingga kurang memperhatikan aktivitas anaknya. Yang penting anak diam dan tidak menangis atau merengek sehingga mengganggu aktivitas orangtuanya. Mereka akan memberikan apa saja yang bisa membuat anak duduk manis. Salah satunya adalah dengan mengijinkan anak bermain ponsel.

Isi dari ponsel kini sangat beragam. Anak bukan hanya memainkan aplikasi game saja di ponsel melainkan sudah bermain di media sosial layaknya orang dewasa. Mereka dengan cepatnya menguasai tata cara berkomunikasi di dunia maya tanpa pengawasan orangtua. Mereka belajar secara otodidak. Pengaruh pergaulan juga menjadikan mereka mahir.

Postcomended   Mahakarya Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG 2018)

Jika dibiarkan secara terus-menerus, maka efek buruk Ponsel tidak akan bisa dihindari. Apalagi jika anak sudah kecanduan, maka akan sangat sulit untuk dibenahi kebiasaannya itu. Efeknya, anak menjadi malas belajar, menjadi pribadi pendiam, susah bergaul, dan bahkan bisa membahayakan kesehatan anak, utamanya otak.

Orangtua harus segera bertindak untuk mencegah efek negatif dari ponsel, yakni dengan :

1. Membatasi penggunaan ponsel
Berikan anak kesempatan memegang atau menggunakan ponsel saat-saat tertentu saja. Boleh setiap hari tapi tidak lama-lama.

2. Jangan prioritaskan ponsel
Orangtua sebaiknya tidak menomersatukan ponsel daripada anak, sehingga anak tidak merasa diabaikan. Kebijaksanaan penggunaan ponsel ini akan memberikan banyak waktu bagi orangtua untuk memperhatikan anaknya dengan baik.

3. Orangtua hari belajar tentang aplikasi sosmed yang banyak dioperasikan anak
Hal ini penting sebagai pegangan untuk menasehati dan mengontrol anak.

4. Menyaring info-info online yang diterima anak
Kemampuan penyerapan informasi pada anak masih labil, jadi orangtua harus mendampingi.

Postcomended   Perang Narkoba Duterte: Warga Jadi "Pembunuh Bayaran" Demi 5,5 Juta

5. Selalu mengecek apa saja yang dilakukan anak di ponsel
Ini sangat penting untuk mencegah efek buruk dari apa yang disaksikan anak.

6. Berinteraksi lebih dekat dengan anak, sehingga quality time dengan anak bisa meningkat.
Anak akan merasa diperhatikan dan hasilnya pasti anak akan lebih patuh kepada orangtuanya.

7. Memberikan pengertian kepada anak akan fungsi utama ponsel
Orangtua bisa menambahkan fungsi dari aplikasi-aplikasi tambahan pada ponsel sehingga anak akan mengerti bahwa ponsel bukanlah mainan.

8. Sibukkan anak
Membuat anak lebih sibuk dengan kegiatan-kegiatannya juga bisa menjadi langkah penting untuk mencegah efek buruk Ponsel. Ajak anak untuk menyalurkan hobinya dan meningkatkan prestasinya dengan ikut les mapel, les baru, les berenang, atau lainnya.

9. Memilihkan aplikasi ponsel yang terbaik dan aman untuk anak
Bukan hal sulit, yang penting orangtua tahu apa yang dibutuhkan anak. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi lagu-lagu anak atau permainan edukasi lainnya.

Postcomended   Petakan Status Riset Merkuri, KLHK Selenggarakan Workshop Merkuri

Semakin anak tidak bisa lepas dari ponsel, maka efek buruk Ponsel tidak akan bisa dicegah. Ini dikarenakan ponsel ini bersifat candu. Ditambah lagi anak-anak masih dalam perkembangan rasa ingin tahu. Sekali diperkenalkan dengan ponsel dan merasakan kemudahannya, pasti akan sangat sulit untuk menghentikannya.