Internasional

Astronom Ajak Warganet Pilih Nama Planet Kerdil Temuan Mereka

Share the knowledge

Perbandingan antara Bulan kita (paling belakang), planet 2007 OR10 (tengah), dan Bulan dari planet 2007 OR10 (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=q0XcBWsdD7E)

Perbandingan antara Bulan kita (paling belakang), planet 2007 OR10 (tengah), dan Bulan dari planet 2007 OR10 (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=q0XcBWsdD7E)

Para astronom meminta masyarakat untuk membantu memberi nama satu planet kecil di tata surya kita yang ditemukan pada 2007. Hingga kini, planet kerdil yang mengorbit matahari di luar Neptunus ini masih memiliki nama (225088) 2007 OR10. Voting ditutup 10 Mei 2019, pk 11.59.

Dilansir BBC, Para ilmuwan penemu planet tersebut: Meg Schwamb, Mike Brown, David Rabinowitz, meminta publik untuk membantu memilih nama yang paling menarik di antara tiga nama yang telah dipilih: Gonggong, Holle dan Vili. Nama yang terpilih akan secara resmi diajukan ke International Astronomical Union.

Gonggong adalah nama dewa air Cina dengan rambut merah dan ekor seperti ular. Dia dikenal karena menciptakan kekacauan, menyebabkan banjir, dan memiringkan Bumi. Holle adalah dewi kesuburan dalam tradisi Jerman yang berhubungan dengan kelahiran kembali, dan wanita musim dingin Eropa.

Postcomended   Suhu Dingin Selimuti Kawasan Tropis Awal Juli 2018, Apa Penyebabnya?

Sedangkan Vili adalah dewa Nordik yang mengalahkan raksasa es Ymir dan menggunakan tubuh untuk menciptakan alam semesta.

Para ilmuwan memilih nama-nama dewa dengan tautan ke warna merah dan menunggu selama 12 tahun untuk menamai planet tersebut agar ingin memahaminya dengan lebih baik. 2007 OR10, planet tanpa nama terbesar Tata Surya kita, mengorbit di Sabuk Kuiper dan diperkirakan memiliki diameter 775 mil (1.247 km), sekitar setengah ukuran Pluto; planet kerdil lainnya.

Voting akan berakhir pada 10 Mei 2019. Untuk berpartisipasi memilihkan nama planet tersebut, klik di tautan ini: https://2007or10.name/index.html#vote. Mereka yang merasa sangat bersemangat atas salah satu dari tiga nama tersebut dapat memilih lebih dari satu kali.

Postcomended   Makan Dua Sendok Teh Kacang-Kacangan Sehari Dapat Tingkatkan Nalar dan Memori

Meg, Mike, dan David menemukan planet (225088) 2007 OR10 di Palomar Observatory dekat San Diego, California, Amerika Serikat (AS), lebih dari 10 tahun yang lalu. Ketiganya berasal dari lembaga berbeda. Meg dari Observatorium Gemini di Hawaii, Brown dari Caltech di California, dan Rabinowitz dari Universitas Yale, Connecticut.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top